Senin, 23 Maret 2020

DISKUSI X IPS 2 & X MIPA 3


 VIRUS CORONA??


Pada Desember 2019, dunia internasional dihebohkan dengan penemuan virus baru yang disebut “Corona” di Wuhan, Tiongkok, bersumber dari media, awal mula penyebarannya virus tersebut  diduga melalui konsumsi daging “kelelawar”.
Beberapa bulan kemudian kasus tersebut menjadi isu internasional, karena penyebarannya yang begitu cepat ke berbagai negara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri menyatakan terdapat lebih dari 100.000 kasus di dunia internasional, yang mengakibatkan kematian lebih dari 3.000 orang. (https://www.suara.com/yoursay/2020/03/16/092818/menyikapi-virus-covid-19)

Menurut data yang dikumpulkan oleh John Hopkins University, hingga Senin (23/3/2020), total jumlah kasus Covid-19 di seluruh dunia telah mencapai 331.273 kasus, dengan 14.450 kematian, dan 97.847 pasien dinyatakan sembuh. Jumlah kasus terbanyak masih tercatat di China, yaitu 81.397 kasus, disusul Italia dengan 59.138 kasus, dan AS sebanyak 33.073 kasus. Dari sisi angka kematian, jumlah terbesar ada di Italia, yaitu sebanyak 5.476 kasus. 
Di Indonesia sendiri, virus tersebut mulai menjadi kepanikan masyarakat, karena awal Maret 2020, pemerintah mengumumkan dua orang warga negara Indonesia, positif terjangkit virus corona yang kemudian disebut virus Covid-19. Hingga Senin (23/3/2020) siang, jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia bertambah 65 orang. Total orang yang terinfeksi virus Corona menjadi 579 orang.

Menyikapi masalah ini pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan social distancing, untuk mengurangi potensi meluasnya virus corona. Menghindari kegiatan-kegiatan yang melibatkan berkumpulnya orang banyak, baik kegiatan sosial, ekonomi, keagamaan, budaya, dsb. Kegiatan pembelajaran di sekolah pun dialihkan dengan pembelajaran di rumah dengan sistem DARING. Sistem WFH (Work From Home) diberlakukan kepada pekerja yang bisa melakukan pekerjaannya dari rumah.

Nah, menyimak permasalahan saat ini bagaimana tanggapanmu, pelajaran apa yang bisa kamu petik dari kejadian ini dan apa yang bisa kamu lakukan sebagai solusi dari permasalahan ini.

(Boleh menanggapi dari salah satu sudut pandang, misalnya: keimanan dan ketaatan, kesehatan jiwa, perekonomian, pendidikan, sosial, budaya, dsb)
Sertai dengan nama dan no absen.

30 komentar:

  1. Muhammad Afif Al Azhari
    X IPS 2 (20)

    assalamualaikum jadi mnurut saya corona dalam sudut pandang ekonomi sangatlah menggangu dan merusak harga pasar dikarenakan banyaknya orang yang lebih mengutamakan makanan, maka masyarakat memborong banyak makanan yang di gerai supermarket maupun pasar tradisional yang membuat bahan bahan makanan mengalami penurunan jumlah atau kelangkaan dikarenakan itu harga melambung pesat yang membuat ekonomi masyarakat menurun lain lagi dengan pedagang barang barang yang mengalami penurunan pendapatan dikarenakan kurangnya minat pembeli yang sibuk mencari bahan makanan untuk bertahan hidup jadi kesimpulannya adalah penyakit Corona ini sangatlah buruk bagi semua masyarakat karena menganggu harga pasar dan kelangkaan barang yang dicari sehingga tidak menguntungkan bagi siapapun.

    Sekian terimakasih

    BalasHapus
  2. Dawud Attho'i
    X IPS 2 (09)

    Assalamualaikum jika melihat situasi saat ini yang kita bisa lakukan ialah mengikuti arahan pemerintah dan melakukan social distancing atau menghindari kontak dengan orang lain, ini harus dilakukan agar dapat mencegah penyebaran virus Covid-19 ini. Dan pemerintah juga harus segera mencari obat untuk menyembuhkan virus ini dikarenakan nilai rupiah semakin turun menjadi 17.000 per dollar AS.

    BalasHapus
  3. Fadhil
    X MIPA 3

    Assalamualaikum,jadi kesimpulan saya melihat situasi Indonesia saat ini, patuhi aturan yang diterapkan oleh pemerintah sekarang dan kita semua berdoa semoga cepat membaik dan kita dapat kembali beraktifitas dengan normal kembali.

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum menurut pemdapat saya melihat dari sudut pandang pendidikan,harusny bapak dan ibu guru tidak memberikan tugas terlalu banyak, dan membuat siswa untuk bekerja kelompok, dan pendapat saya sebaiknya bapak/ibu guru memberikan arahan tentang covid-19 ini kepada siswa agar lebih bisa menjaga diri

    Sekian terima kasih

    BalasHapus
  5. Meilynda Triana/x ipa 3(20)

    Assalamu'alaikum wr.wb Jadi menurut sepengetahuan saya, sebaiknya semua orang tidak perlu takut dg adanya wabah corona tetapi harus tetap waspada dan saling menjaga satu sama lain. Dan selain kalian waspada, kalian jg harus ingat kepada Allah yg telah memberikan penyakit dan sembuh untuk umatNya,bumi sudah tua dan kita diberi ujian oleh Allah.oleh karena itu kita jg harus beriman, bertaubat sblm terlambat, terus berdzikir dan berdoa atas cobaan ini.sesungguhnya allah maha pengampun dan selalu membuka pintu taubat untuk hambaNya.

    BalasHapus
  6. Apriliya kusuma w/XMipa3/04

    Assalamualaikum ,menurut saya dampak dari covid-19 ini dalam sudut pandang ekonomi sangat berpengaruh karena banyak sekali lokasi wisata yang ditutup sehingga menyebabkan meruginya sektor pariwisata dan berkurangnya pendapatan daerah. Selain itu harga bahan pokok melambung dikarenakan banyak masyarakat yang memborong semua bahan pokok untuk kebutuhan pribadi yang melebihi batas wajar. Dan juga melemahnya rupiah yang mendekati krisis moneter yang pernah dialami indonesia.

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum wr wb. Menurut saya, dampak dari persebaran Covid-19 ini sangat menyulitkan masyarakat dalam melakukan kegiatan, mulai dari kegiatan pembelajaran, pekerjaan, dll. Dan pemerintah menyarankan agar setiap masyarakat memulai semua kegiatan tersebut dari rumah agar dapan memperlambat persebaran Covid-19. Kita juga tidak perlu takut dengan virus tersebut selama kita mau melakukan kegiatan sesuai yg dianjurkan pemerintah dan selalu beribadah meminta perlindungan dari Allah SWT. Dan kita juga harus membudayakan hidup sehat.

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum, menurut saya masyarakat tidak perlu resah dengan adanya Sabah virus Corona sebab yang menentukan kita sembuh atau penyakit itu adalah Allah SWT dan perbanyaklah solat dan berdo'a agar kita semua terhindar dari virus corona.Dan juga masyarakat tidak perlu panik dengan membeli nya kebutuhan pokok cukup kita berdoa kepada Allah dan bila keluar dari rumah diharapkan memakai masker dan juga membawa Hand sanitizer.Dan jangan lupa menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita.

    BalasHapus
  9. Inge Fajrin Aprilia /x MIPA 3 /14

    BalasHapus
  10. Anjani Fadia Putri/X MIPA 3/03

    ASSALAMUALAIKUM WR. WB.
    Menurut saya, virus covid-19 ini adalah virus yang penularannya sangat cepat maka masyarakat harus mematuhi segala himbauan dari pemerintah maupun medis untuk mengurangi resiko kematian dan penularan yang bertambah. Dari segi keimanan, menurut saya jika kita yakin bahwa virus datang dari Allah SWT dan yang menyembuhkan adalah Allah SWT maka kita tidak akan mudah untuk panik dalam menyikapinya. Dari segi ketaqwaan, jika kita tetap khawatir kalau mendengar berita-berita perkembangan virus covid-19 maka sholat adalah saran utama saya untuk menenangkan hati dan pikiran kita. Kita minta dan mohon kepada Allah SWT agar senantiasa diberi kesehatan dan keamanan dari wabah virus ini. Disamping kita berdoa kita juga harus berusaha. Usaha tersebut yaitu mematuhi himbauan pemerintah seperti menjaga jarak antara satu dengan yang lain, kerja dan belajar dari rumah, tetap tenang, dan tidak lupa untuk selalu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer setelah memegang area yang dirasa bisa menjadi faktor penularan virus covid-19 ini. Insyaa allah setelah kita melakukan apa yang dihimbau dan berdoa, kita akan senantiasa dalam perlindungan Allah SWT. #dirumahsaja

    BalasHapus
  11. Muhammad Reza Riadiansyah (X Mipa 3/28)

    Menurut saya kita tidak perlu terlalu takut dengan virus covid-19 atau lebih dikenal sebagai virus Corona, karena virus ini hanya memiliki resiko kematian 4% berbeda dengan virus" yang ada sebelum corona yang memiliki resiko kematian yang lebih tinggi. Kita hanya harus pasrah dan berdoa kepada Allah SWT, semoga orang yang terjangkit dengan virus ini lekas sembuh aamiin

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum wr. Wrb
    Menurut saya, penmbelajaran saat ini di tengahnya wabah virus corona yang semakin menyebar sebaiknya guru tika memberi tugas yang sangat banyak kepada muridnya. Sebaiknya guru memberi pembelajaran kepada muridnya tentang apa itu virus corona, bagaimana cara mencegahnya dan sebagainya. Dan meberitahu kepada muridnya untuk memakai masker dan juga membawa hand sanitizer dan juga jaga kebersihan

    BalasHapus
  13. Kasyful Imra'atu Muqsithah Ma'shum
    X MIPA 3

    Assalamualaikum wr wb. Menurut saya penyebaran COVID-19 yang sangat cepat, ini membuat banyak orang yang merasa takut. Seharusnya kita tidak perlu takut, karena pemerintah sudah menyarankan agar kita melakukan semua kegiatan di rumah untuk memperlambat penyebaran COVID-19. Dan janganlah lupa Allah yang memberikan penyakit, maka Allah juga akan menyembuhkan penyakit itu. Maka dari itu beribadah dan meminta perlindungan dari Allah swt.

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum wr.wb.
    Menurut tanggapan saya,wabah seperti covid-19 sebenarnya bukan hal baru.Sebab,telah di temukan kasus serupa zaman dahulu bahkan dampaknya lebih dahsyat dan sangat bersifat menatikan.Menurut saya,kita harus tetap tenang dan tidak khawatir berlebihan terutama pada ancaman virus corona yang saat ini sedang melanda.Oleh karena itu,kita tidak boleh lupa untuk beribadah dan meminta perlindungan dari Allah karena kita harus yakin bahwa Allah senantiasa melindungi hamba-hambanya.Tetapi,kita juga harus tetap menjaga kebersihan dari diri kita sendiri.

    BalasHapus
  15. Falah Mustafa/10/3 MIPA 3

    Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Menurut saya, untuk menghindari persebaran virus Corona itu,kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk membantu pencegahan itu.yaitu dengan cara tetap berada di rumah,selalu mencuci tangan,makan makanan yang bergizi dll.setelah kita melakukan berbagai ikhtiar itu,kita juga harus beribadah dan berdoa kepada Allah SWT agar kita semua terhindar dari penyebaran virus tersebut,karena Allah SWT yang menciptakan,dan kita juga harus meminta perlindungan kepadanya.

    BalasHapus
  16. Cintya mustika X mipa3/8


    Assalamu'alaikum, menurut saya sebaiknya kita mengikuti apa kata pemerintah yang disuruh untuk belajar di rumah tetapi belajar dirumah juga tidak menyenangkan karena tidak bisa berkumpul dengan teman, seharusnya kita juga bisa berpikir sendiri banyak orang diluaran sana yang terkena covid-19 karena tidak mau menjaga kebersihannya dan selagi kita bisa menjaga kebersihan luangkan waktu untuk mencuci tangan tiap hari karena penyebaran covid-19 sangatlah cepat,dimulai dari anak kecil hingga orang dewasa dan kita sebagai manusia juga harus berhati-hati, jangan mengobrol terlalu dekat karena itu juga termasuk penularan covid-19, jika kita melihat orang bersin atau batuk sebaiknya menghindar saja dan jangan terlalu bepergian ditempat keramaian itu juga bisa menimbulkan covid-19 karena banyaknya orang bisa saling tular menular. Jadi kita sebagai manusia cukup meminta perlindungan kepada Allah.

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum
    Manurut saya lebih baik di kurangin aktivitas selama virus ini masih menyebar karena imun tubuh yang tidak kuat karena kebanyakan aktivitas akan gampang terserang virus dan bagi guru tugas tugas pun jangan banyak banyak dan sulit karena murid pun butuh istirahat di rumah kalau banyak banyak makan tidur ngak ke kontrol dan akhirnya sakit kena virus sama aja bohong pak buk

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum Wr. Wb.Virus Corona memang virus yang cukup berbahaya karena memiliki tingkat persebaran yang cepat. Namun kita tidak boleh takut dengan virus ini. Justru ketika kita terlalu takut dengan virus ini, dari segi psikis akan menimbulkan mental panik yang berlebihan yang mana dapat mempengaruhi daya tahan tubuh kita atau sistem imun tubuh. Sampai saat ini obat penawar paling ampuh adalah sistem imun tubuh. Jika sistem imun tubuh berkurang maka kita akan mudah terserang penyakit. Dari segi agama Islam kita tahu bahwa Allah SWT adalah Yang Maha Menyembuhkan Penyakit. Semua penyakit pasti ada obatnya. Disaat seperti ini kita sedang diuji oleh Allah bagaimana sifat kita dalam menghadapi persoalan seperti ini. Apakah makin dekat dengan sang pencipta ataupun malah sebaliknya. Oleh sebab itu kita harus sering-sering meminta kepada-Nya semoga wabah ini segera reda. Tidak hanya berdoa, kita harus mentaati protokol dari pemerintah tentang cara pencegahan virus ini seperti physical distancing, memakai masker, dan selalu membersihkan tangan. Berdoa dan bertawakal.

    BalasHapus
  19. Widad Fikrah Salsabila X mipa3/34

    Assalamualaikum wr.wb
    Menurut saya,Menghadapi situasi ini, kita harus melakukan berbagai usaha antisipasif agar virus tersebut tidak menyebar dan semakin banyak menjangkiti manusia. Bukan kepanikan dan ketakutan tanpa diiringi ikhtiar. Apalagi gampang termakan berita-berita hoaks di berbagai berita khususnya di media sosial terkait virus korona. Untuk menciptakan rasa aman bagi diri dan orang lain, sudah seharusnya kita memilih sumber berita yang dapat dipercaya dan jangan mudah menyebarkan berita terkait virus corona di media sosial,Dalam menghadapi dan menangkal virus corona, khususnya umat Islam untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wata’ala. Di antaranya dengan bertaubat, memohon ampun dan meninggalkan perilaku zalim, karena bisa jadi wabah ini merupakan peringatan dari Allah subhanahu wata’ala agar umat Islam semakin mendekatkan diri kepadaNY.

    BalasHapus
  20. Athariq Qurani Fajri kelas X Mipa 3

    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu
    Menurut saya untuk menghindari penyebaran virus corona adalah dirumah saja banyak banyak berdoa kepada Allah SWT.dan Rajin Sholat,Wudhu,Ngaji.Dan Cuci tangan .... Terimakasih

    BalasHapus
  21. Julialiffianda P.N/XIpa3/abs 16

    Menurut pendapat saya dengan adanya virus corona atau yang disebur Covid-19 ini, kita sebagai masa remaja maupun dewasa tidak perlu takut dengan adanya virus tersebut. Jika sudah ada perintah dan larangan sebaiknya dilakukan saja. Percaya dan yakin kepada Allah Swt bahwa negara kita akan dijauhkan kepada Virus tersebut. Maka saran saya untuk tetap menjaga imunitas tubuh, supaya tidak rentan terserang virus corona, konsumsi selalu vitamin C dan E. Kedua jenis vitamin ini cukup untuk memproduksi antibodi atau imunitas tubuh untuk melawan berbagai virus, termasuk covid-19.

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum
    Berliana a. f. Xmipa3/7

    Menurut saya Covid-19 bisa terjadi Karena awalnya berasal dari cina dan budaya orang cina yang memakan semua jenis binatang dengan sangat sadis itulah yang menyebabkan munculnya virus ini, kebersihan, keimanan atau ketaatan inilah yang mereka belum tahu atau meremehkannya di dalam Al Quran juga sudah ada kita boleh memakan daging apa saja dengan cara apa yang diperbolehkan dan tidak diprebolehkan Al Quran sudah menjelaskan tentang itu Maka itu Allah melarang nya Karena ada sebab sebab yang kita pasti tidak tahu. Dan juga bagi keadaan saat ini kita juga melakukan isolasi diri di rumah untuk mengurangi penyebaran (Social distances) yang bagaimana seharusnya kita di rumah saja untuk menjaga diri agar tetap Aman kita juga harus banyak banyak meminum vitamin makan makanan sehat untuk menjaga imun tidak menurun dan tidak mudah terserang penyakit serta membiasakan hidup bersih seperti sering mencuci tangan membersihkan rumah dll. Itu usaha untuk agar kita terhindar dari virus Covid-19 dan tidak lupa juga kita wajib solat membaca Al quran dan berdoa agar Allah senantiasa menjauhkan kita dari Hal Hal yang buruk.

    BalasHapus
  23. Menurut pendapat saya melihat kondisi keadaan situasi negara kita yg darurat ini. kita semua harus bisa berpartisipasi dengan mengisolasi diri dirumah.Yang terpenting harus waspada, selalu menjaga kesehatan dan harus selalu percaya kepada Allah

    BalasHapus
  24. Ishthifa'iyah (X IPS 2/18)

    Assalamu'alaikum Wr.Wb. Menurut pendapat saya, dengan kondisi saat ini yang utama yaitu tetap menjaga kesehatan, dan selalu mendekatkan diri kepada Allah dengan cara berikhtiar, berdzikir dan berdoa supaya keadaan ini bisa membaik.

    BalasHapus
  25. Nelita dwi noviyanti X MIPA 3/29

    Tanggapan saya dengan adanya virus corona kita bisa mengambil hikmahnya. Contohnya pertama kita sesama manusia bisa saling tolong menolong yang dulunya tidak menghiraukan orang sekarang bisa saling tolong menolong. Kedua dengan adanya virus corona sesama keluarga bisa saling kumpul dirumah. Ketiga dengan adanya virus corona kita selalu menjaga kebersihan. Keempat kita bisa lebih bertawakal dan mendekatkan diri kepada Allah swt.

    BalasHapus
  26. Nadila Vita Irawan X-IPS 2 (26)

    Assalamu'alaikum wrwb.pelajaran yang dapat diambil dari artikel diatas adalah lebih menjaga kebersihan badan.dan jangan sombong, corona bisa menjadi pelajaran bagi orang yang sombong akan pencapaian, seperti menjadi yang teratas dalam segala hal

    BalasHapus
  27. Muhammad Reza Risdiansyah X Mipa 3/28

    Assalamualaikum wr.wb.Tanggapan saya dengan adanya virus covid-19 atau biasa di kenal sbg virus corona adalah bentuk kasih sayang allah kepada kita,kenapa? karena kita sedang diuji olehnya. Untuk menghadapi ujian tsb kita sebagai umat nya harus lebih bertakwa dan terus berdoa.

    BalasHapus
  28. Fernanda Eka Permatasari X IPS 2 (15)

    Assalamuallaikum,
    menurut pendapat saya, covid-19 ini sangat merugikan banyak pihak. banyak sekali kerugian yang muncul akibat virus ini, contohnya saja ekonomi. banyak sekali ojek online, pedagang kaki lima, buruh, nelayan, dan pekerjaan2 yang minim upah yang mengeluhkan karena sepinya pelanggan, sepinya penumpang yang mereka peroleh perharinya. lalu masker, dan makanan makanan diborong oleh oknum tidak bertanggung jawab yang hanya memikirkan dirinya sendiri. lalu mereka bisa menjualnya dengan harga yang berkali kali lipat.nitu sama saja mencekik saudara yang kurang mampu.

    BalasHapus

PEMBELAJARAN X MIPA 3 & X IPS 2

BERLOMBA DALAM KEBAIKAN Untuk Kamis, 26 Maret 2020 & Jum'at, 27 Maret 2020 Belajar dari rumah, minggu kedua efek "Epidemi ...