Senin, 27 Agustus 2018

DISKUSI ONLINE KELAS XII

Tema : Pernikahan Dalam Islam

Diskusi 1:
Di era serba medsos ini tidak dipungkiri banyak membawa dampak terhadap masyarakat. Dampak positif terjadi pada hampir seluruh sektor. Bisnis, pendidikan, kesehatan, fashion dan sebagainya berkembang pesat. Namun, dampak negatif  juga banyak terasa di kalangan masyarakat. Postingan serba bebas hampir tak terkendali memicu seseorang berbuat negatif. Permusuhan, perampokan, penipuan, bahkan na'udzubillah hingga perselingkuhan. Perceraian yang bermula perselingkuhan disebabkan overdosis dalam penggunaan medsos.

Bagaimana tanggapanmu tentang hal itu ?
Bagaimana menurutmu solusi yang terbaik ?


Diskusi 2:
Memilih pasangan hidup adalah hal yang tidak bisa dibuat remeh. Pasangan hidup sangat berpengaruh terhadap kesuksesan hidup di dunia dan akhirat.

Bagaimana pendapatmu tentang cara memilih pasangan hidup !
Jelaskan bagaimana agar keluarga tetap terjalin dengan sakinah mawaddah warahmah !

40 komentar:

  1. DISKUSI 1:menurut saya adanya medsos membuat orang" kecanduan dan menyebabkan hal yang negatid tetapi medsos juga ada baiknya karena segala kebutuhan terpenuhi jika digunakan dengan baik.
    -Solusi:diberikan arahan akan dampak negatif dan positif tentang penggunan sosmed

    DISKUSI 2:dengan memilih pasangan hidup.hidup kita akan lebih sejahtera.dan juga itu termasuk sunnah rosul.untuk memilih pasangan hidup sesuai dengan kriteria kita masing".dan tidak saling memandang kelurangan satu sama lain.
    Solusi:tidak membuat masalah.tidak memandang kekurangan yang dimiliki masing".saling melengkapi satu sama lain.

    BalasHapus
  2. Beri identitas pada komentar...
    Yang lain mama suaranya

    BalasHapus

  3. identitas : Salsabila Aunurrika ( XII MIPA 4 / 28 )

    diskusi 1 : menurut saya, medsos memang bisa menimbulkan dampak buruk, tapi itu semua tergantung pemakainya dan tergantung niatnya, jika bisa membedakan yang baik dan yang buruk maka kita bisa terhindar dari dampak negatif medsos

    menurut saya solusi yang tepat adalah membatasi dalam penggunaan sosmed dan juga memilah dampak negatif dan positifnya, memakai sosmed sesuai kebutuhan dan menggunakan sesuai fungsinya

    kasus 2 : menurut saya cara memilih pasangan hidup yang benar adalah dengan melihat imannya terlebih dahulu lalu perilaku dan sifatnya terhadap kita baru kita bisa memilih pasangan hidup mana yang cocok

    menurut saya agar keluarga samawa, antara suami dan istri harus saling terbuka dan memahami kekurangan, tidak suka mengeluh dan tetap selalu bersyukur, bagi seorang istri harus menurut kepada suami

    identitas : Salsabila Aunurrika (XII MIPA 4 / 28)

    BalasHapus

  4. Nama: safa'atun ni'mah/ XII MIPA 4

    Diskusi 1: menurut saya media sosial sendiri sangat membantu pada zaman sekarang ini, mengenai hal hal yang negatif sendiri dalam penggunaan medsos itu sendiri dikarenakan penggunanya yang tidak bisa melindungi diri dari pengaruh negatif medsos itu sendiri, menurut saya solusi agar kita tidak terjerumus dalam penggunaan medsos yang negatif adalah dengan lebih mendekatkan diri kepada allah dan mengenai hal hal negatif di ponsel kita dapat menghidupkan mode parental guide agar kita bisa melindungi diri dari hal yang negatif itu sendiri.

    Diskusi 2: menurut saya cara memilih pasangan hidup yang terpenting adalah dilihat dari aklak yang dimilikinya dan juga pendidikannya selain itu pasangan harus berbudi mulia dan yang paling terpenting adalah harus se-iman. Dan juga cara agar keluarga sakinah mawadah dan warohmah adalah dengan memiliki rasa saling pengertian siantara keduanya, selain itu landasi keluarga dengan ajaran agama karena tanpa agama keluarga akan terombag ambing tanpa pegangan hidup yang jelas dan selain itu juga harus ada rasa saling menghargai satu sama lain dan saling kasih sayang dan yang terpenting adalah setia😁.

    BalasHapus
  5. Nama : Chandra Handistrianto
    Kelas : XII-Mipa 4/4

    Diskusi 1 :
    Memang semua hal apabila berlebihan memang tidak baik, contohnya bila selalu memainkan medsos secara berlebihan yang berisi banyak hal negatif didalamnya, maka dari itu kita harus lebih pintar memilah hal hal yang ada di dalam medsos.
    Solusi yang tepat untuk menghindari semua itu adalah menahan diri sendiri agar tidak terlalu sering bermain medsos dan bisa lebih pintar memilah dari isi medsos iti sendiri

    Diskusi 2 :
    Memilih pasangan hidup memang tidak boleh di buat untuk main mainan, tidak hanya melihat apa yang dimiliki, kita harus lebih melihat agama dari pasangan yang kita idamkan.
    Cara untuk menjaga hubungan keluarga tetap sakinah mawaddah warahmah yakni saling menghormati , saling mengerti dan salin mengingatkan satu sama lain.

    BalasHapus
  6. Nama : Anisa fitri santosa
    Kelas/no: 12 Mipa 4 / 03

    Diskusi 1:
    Pendapat saya mengenai pernyataan medsos membawa dampak negatif itu benar adanya apabila kita tidak bisa memilah yang baik dan benar , dan penyalahgunaan oleh oknum2 yang tidak bertanggungjawab seperti *menyebarkan berita Hoax di Media sosial .
    Solusi: pilah2 berita yang tersebar di media sosial , jangan mudah terpancing oleh pernyataan yang blum tentu kebenarannya.
    *Generasi muda yang mengakses situs telarang , menyebabkan tindak kriminal dan merusak generasi bangsa.
    Solusi: sebaiknya orang tua memantau anak di media sosial jika tidak bisa maka bisa dipasang software " parental guide " , untuk pemerintah sebaiknya mencekal situs terlarang.
    *Para pasangan kerap membuat media sosial sebagai pelarian apabila ia bosan , berselisih dengan pasangannya .
    Sulusi: daripada mencari pelarian lebih baik dibicarakan dgn pasangan, dan bersikap setia .

    Diskusi 2 :
    *Memilih pasangan sebaiknya jangan hanya dilihat dari paras , kekayaan , maupun , status sosial . Kita sebaiknya memilih pasangan bedasarkan agama / tingkah laku . Jika menurut kita sudah menemukan pasangan yang tepat tapi bimbang sebaiknya meminta petunjuk allah dengan shoalat istikhara . Jika sudah pas maka disegerakan dihalalkan dengan menikah agar menghindari perbuatan zina.
    *cara menjalin hubungan yang baik agar keluarga SaMaWa adalah dengan saling percaya satu sama lain , setia , menerima kekurangannya , menyelesaikan masalah tidak dengan emosi , saling mengingatkan pada kebaikan .

    BalasHapus
  7. Nama : indana zoelfa ( XII MIPA 4 / 11 )

    Diskusi 1 :
    Menurut saya medsos sebenarnya sangat membantu kita dalam kehidupan jika kita melihat dari sisi positifnya. Mengenai dampak negatif dari medsos, itu tergantung pengguna medsos tersebut apakah dia mampu memilah hal positif dan negatif dari sosmed tersebut atau tidak.

    Solusi : kita harus bisa mengendalikan diri dalam menggunakan sosmed untuk hal positif atau seperlunya. Jika ingin mencari informasi maka carilah informasi seperlunya dan jangan mudah percaya pada satu sumber informasi karena belum tentu informasi tersebut adalah benar. Dan sebaiknya untuk para orang tua selalu mengontrol kegiatan anaknya terutama saat bermain sosmed.

    Diskusi 2 :
    Menurut saya dalam syariat sudsh dijelaskan bahwa kita harus berhati-hati, teliti dan penuh pertimbangan dalam memilih pasangan hidup serta menimbang anjuran-anjuran agama dalam memilih pasangan. Pertama pilihlah calon pasangan hidup yang memiliki pemahaman yang baik tentang agama, kedua pilihlah yang sebandjng dengana gama dan sosial kita karena hal tersebut juga dapat menjadi faktor kelanggengan dalam berkeluarga, ketiga pilihlah yang enak jika dipandang karena paras yang cantik atau tampan adalah salah satu faktor penunjang keharmonisan rumah tangga, keempat pilihlah calon pasangan hifuo yang subur Karena dari pernikahan pasti diharapkan lahirlah anak-anak kaum muslimin yang nantinya menjadi orang-orang yang shalih.
    Untuk menjalin kehidupan rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah adalah kriteria calon pasangan yang benar sesuai ajaran islam, dilandasi dengan ajaran agama, salin mengasihi, saling percaya, saling menghargai, saling menerima kekurangan serta kelebihan pasangan, saling terbuka dan saling mengingatkan untuk mendekatkan diri pada Allah agar rumah tangganya terhindar dari perceraian atau perselingkuhan, naudzubillah..

    BalasHapus
  8. Nama: Achmad Zahid Mauludi
    Kelas: XII Mipa 4/01

    Diskusi 1:
    Menurut saya medsos adalah teknologi yang canggih yang seharusnya digunakan untuk keperluan hidup tapi banyak orang yang menggunakan medsos menyalahgunakannya dengan menyebarkan berita hoax dan mengakses situs terlarang.
    Solusi: Berbijaklah dalam menggunakan medsos dan jangan langsung terpengaruh oleh berita yang belum tentu kebenarannya/hoax dan gunakanlah medsos untuk bertujuan baik dan bermanfaat bagi orang lain.

    Diskusi 2:
    Dalam memilih pasangan hidup memang tidak boleh sembarangan, jangan melihat cantik, dan hartanya, kita harus tahu apa sifatnya dan agamanya, jika sudah tau sifat dan agama pasangan hidup yang kita idamkan, maka menikahlah dengan pasangan idamanmu

    Caranya agar keluarga yang Sakinah Mawaddah Warahmah
    Yaitu saling mencintai satu sama lain dan saling percaya, menyelesaikan masalah rumah tangga dengan baik tidak pakai emosi itu akan menjadikan keluarga yang Sakinah Mawaddah Warahmah.

    BalasHapus
  9. Nama : Fira Dwi Sanjayanti
    Kelas : 12 Mipa 4 / 8

    Diskusi 1

    Menurut pendapat saya , semua tergantung bagaimana pengguna medsos tersebut memanfaatkannya . Jika orang tersebut menggunakan medsos untuk hal-hal yang negatif yang dapat mempengaruhi fikiran orang yang melihatnya,maka orang tersebut sudah memberikan dampak buruk bagi orang lain , terlebih lagi ketika orang tersebut sudah menikah dan informasi dari medsos tersebut mempengaruhi fikirannya untuk berselingkuh tanpa memikirkan bagaimana hukum dari perselingkuhan tersebut. Untuk dampak positif yang terlihat sudah banyak , kita dapat mengetahui informasi-informasi penting yang ada diluar sana dengan mudah .

    Solusi : Sebaiknya penggunaan medsos dibatasi untuk hal-hal yang negatif dan kita harus berhati-hati dengan kejahatan yang akan mengancam kita serta kita jangan mudah percaya kepada orang yang belum kita kenal di medsos.

    Diskusi 2

    Menurut saya , memilih pasangan hidup itu di lihat dari keimanannya, apakah dia seiman dengan kita ? Jika tidak seiman lebih baik kita tidak memilihnya karena sulit suatu hubungan untuk bertahan jika kita beda keimanan. Yang kedua kita harus melihat dari cara pasangan kita memperlakukan kedua orang tuanya , jika dia memperlakukan kedua orang tuanya dengan baik maka dia pantas untuk menjadi pasangan hidup kita karena menikah tidak hanya tentang kamu dan aku tetapi bagaimana kamu bisa mencintai dan menerima keluarga pasanganmu dan sebaliknya. Dengan kata lain kita menyatukan dua keluarga yang berbeda , dimana kamu mau menikahinya berarti kamu juga mau menerima keluarganya dengan senang hati.

    Agar terjalin keluarga yang sakinah, mawadah dan warrahmah kita harus bisa menerima perbedaan pendapat yang terjadi , kita harus saling menghargai satu sama lain , jika memiliki masalah maka diselesaikan berdua agar menemukan jalan keluarnya , saling menjaga perasaan satu sama lain dan yang terpenting adalah kita harus memiliki rasa saling percaya kepada pasangan kita.

    BalasHapus
  10. Nama: Muhammad Afan Bisri/15/12 mipa 4

    Diskusi 1:
    Menurut pandangan saya, penggunaan media sosial sebagai alat komunikasi pada era globalisasi ini tidak dapat dipungkiri. Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari mulai bisnis, informasi dan komunikasi.Tapi dibalik itu semua terdapat sebuah sisi negatif dimana seseorang dapat dengan mudah terpicu bahkan memicu seseorang untuk berbuat keburukan. Oleh karena itu bagaimana dengan bijak Kita menggunakan media sosial sebagai sesuatu yang bermanfaat. Ingatlah pepatah "siapa yang menanam, dia lah yang menuai." Maksudnya, jika seseorang menanam kebaikan, maka ia akan menuai kebaikan pula. Dan jika seseorang menanam kejelekan, maka ia pula yang menuai kejelekan.

    Solusi yang dapat saya berikan pada kesempatan kali ini adalah lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt. Agar terhindar dari perbuatan maksiat. Namun untuk mencegah pengaruh negatif dari media sosial diperlukan sebuah 'admin' dimana dapat mengontrol apa yang diunggah oleh si pengguna. Contohnya di grup Gresik Sumpek, terdapat admin yang bertugas apabila ada anggotanya mengunggah sebuah berita hoax, isu sara, maupun pornogarafi, maka akan langsung dihapus. Kita juga bisa melaporkan pengguna agar pihak media sosial memblokir si pengguna.

    Diskusi 2:
    Pada diskusi kedua, pendapat saya mengenai cara memilih pasangan hidup adalah dengan memilih pasangan yang seiman dan berakhlaq. Mengapa demikian?? karena hubungan yang harmonis dimulai dari kesepamahan, baik pemikiran maupun tujuan. Kemudian dengan akhlaq yang mulia tentunya akan semakin lengkap sudah.

    Perlu kalian ketahui, kunci sukses menuju keluarga sakinah mawadah dan warahma adalah kejujuran. Dengan jujur maka tidak akan ada lagi yang namanya kesalahpamahan. Sehingga dengan begitu dapat menjadikan keluarga yang tenang, tentram, aman dan damai.

    Terima kasih ��
    #CMIIW

    BalasHapus
  11. Nama : ZAHRATUR RAFI'AH
    kelas : 12 MIPA 4
    Absen: 34

    Diskusi 1:Tanggapan saya tentang hal itu adalah memang pada zaman modern ini kita tidak bisa lepas dari medsos. Jujur diakui bahwa medsos mempunyai segi positif dan negatif namun yang terpenting kita bisa mengambil hal positif dan meninggalkan hal yang negatif. Sebagai halnya contoh khususnya di Gresik pengaruh kemajuan teknologi terhadap nilai kebudayaan dimasyarakat baik dikota maupun didesa segala informasi dapat kita peroleh dengan cepat dan mudah,yang paling penting kita bisa memanfaatkan medsos dengan baik dan tepat guna antara lain berhati hati menerima dan mengirim informasi agar tidak bertentangan dengan aturan medsos,selalu menggunakan norma masyarakat agama dan negara,tidak bertengan dengan agama,tidak menerima dan mengirim respon apapun yang belum jelas,memanfaatkan medsos untuk perkembangan ilmu dan kebudayaan.

    Diskusi 2:Memang benar memilih pasangan hidup pengaruhnya sangat besar bagi kebahagiaan masa depan seseorang,terutama masa depan akhirat. Terutama pada saat kita mempertanggung jawabkan kepada Allah SWT dan menurut saya memilih pasangan hidup yang paling penting adalah beragama yang baik artinya mempunyai hubungan yang baik kepada allah dan manusia,mempunyai nasab atau keturunan keluarga yang baik artinya dia dari golongan orang orang shole dan berakhlak mulia.

    Solusi agar keluarga tetap terjalin dengan sakinah mawaddah warahmah adalah mempunyai rasa saling pengertian dan saling mengalah,penuh tanggung jawab,tidak semena mena,saling mengisi atas segala kelebihan dan kekurangan.Disamping itu seorang keluarga harus berusaha dan bekerja keras untuk memperbaiki kesejahteraan hidup selanjutnya. Setelah semua dilakukan seorang pasangan harus menyadarkan diri kepada allah atau bertwakkal karena keberhasilan/kegagalan sesorang untuk menuju rumah tangga sakinah mawaddah warahmah tidak lepas dari kehendak Allah SWT.

    BalasHapus
  12. Nama : Muhammad Abid Dary
    Kelas : 12 mipa 4 /13
    Diskusi 1 :
    Saat ini media sosial sangat mempengaruhi perilaku dan keseharian kita. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, kebanyakan dari kita selalu update media sosialnya, mulai dari twitter, instagram, line, bbm, whatssapp, dan masih banyak lagi.

    Bahkan, tidak jarang yang kecanduan atau berlebihan menggunakan media sosial yang mengakibatkan tugas-tugas utamanya justru terabaikan, seperti belajar atau bekerja. Sebagai seorang individu, tentunya harus bijak dalam menggunakan media sosial.

    Menurut saya :
    Selalu gunakan etika saat berinteraksi dengan siapapun di media sosial, meskipun tidak saling mengenal. Itu karena apapun yang akan di-posting di media sosial dapat dilihat oleh publik.

    Diskusi 2

    Jadi memilih pasangan hidup harus melihat dari keturunan yang baik baik dalam arti tidak dari berkeluarga yang menyimpang dari agama islam

    Cara agar keluarga menjadi sakinah mawaddah warahmah, yaitu selalu taat kepada Allah Swt dan selalu menjalani perintah allah dan menjauhi larangannya...

    BalasHapus
  13. Nama : Nurul Maghfiroh
    Kelas/No Abs : XII Mipa 4/24

    Diskusi 1
    Menurut saya, perkembangan saat ini memang semakin modern serta tidak bisa dihindari sebab banyaknya teknologi yang banyak digunakan hampir seluruh manusia. Sebenarnya perkembangan teknologi modern saat ini sangat bermanfaat sekali dalam kehidupan sehari-hari jika dilihat dari sisi positifnya memang banyak digunakan dalam dunia medis, pendidikan, dan lainnya. Sedangkan untuk masalah dampak negatif yang ditimbulkan itu memang banyak tetapi semua itu tergantung pemakainya dalam menggunakan teknologi tersebut.

    Solusi : Mencoba untuk tidak terpaku dengan teknologi, bukan menghindari namun coba untuk mengurangi bermain HP gunakan seperlunya sesuai kebutuhan, jika sudah bermain sosmed maka pintar2lah dalam memilih berita yang akan dibaca ataupun link yang akan dibuka jangan mudah terjerumus oleh godaan sosmed karena semua itu hanya tipuan dunia

    Diskusi 2
    Menurut saya, pernikahan merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk menghindari fitnah, untuk memilih pasangan yang benar adalah lihat bawa pasangan kita memiliki iman yang sama dengan kita, memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik bagi sekitarnya, yang terakhir adalah memiliki ilmu yang terpenting adalah ketika memilih pasangan jangan melihat wajah, harta, kekuasaan yang dimiliki tapi coba lihat hatinya.

    Cara agar memiliki keluarga yang sakinah mawaddah dan warahmah adalah dijalankan dengan penuh kasih sayang cinta serta terapkan untuk sholat berjamaah, mengaji dengan pasangan agar rumah tangga diberikan kebahagiaan, coba terbuka satu sama lain antara suami dan istri ketika ada masalah diskusikan secara bersamaan dan ambil keputusan yang tepat, hindarkan ego yang berlebihan yang berakibat pertengkaran dan saling menghargai satu sama lain.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Nama : Tasya Vika Anjani (XII MIPA 4 / 33)
    Diskusi 1 : Menurut saya ada beberapa hal yang dapat kita lakukan sebagai pengguna sosmed untuk mengatasi dampak negatif dari sosial media ini, pertama pengendalian oleh diri sendiri niatan dari kita sendiri untuk menggunakan suatu sosmed dengan cara yang positif dengan mencari informasi-informasi yang dibutuhkan dan informasi-informasi tersebut juga informasi yang positif dan orang tua juga harus mengawasi anaknya dalam melakukan kegiatan bermain handphone dan menggunakan sosmed, jaman sekarang sudah memang banyak anak kecil yang dapat terpengaruh oleh adanya sosmed jika sudah ketagiahan akan susah hilangnya, jadi berhati-hatilah dalam menggunakan sosmed.
    Solusi: Berikan pemahaman mengenai manfaat dan bahaya internet dan juga dari pemerintah yang memblokir iklan-iklan yang tidak berpendidikan yang sering muncul pada sosial media.
    Diskusi 2 : Hal pertama sebagai seorang muslim untuk mencari pasangan hidup dengan melihat iman dan ketaqwaannya kepada Allah swt untuk hal seperti rezeki bisa dilakukan dengan usaha nanti bersama pasangan kelak. Memilih pasangan yang dapat menuntun kita ke jalan Allah mengingatkan kita untuk selalu berbuat baik dan menasihati bila kita melakukan kesalahan.
    Agar terjalin hubungan yang sakinah mawaddah warahmah harus saling menjaga komunikasi dengan baik, menyelesaikan masalah bersama dengan kepala dingin serta saling melengkapi kekurangan pasangan dan harus saling mempercayai satu sama lain.

    BalasHapus
  16. Nama : Anggraeni Ameilia A.
    Kelas : XII Mipa 4 / 02

    Diskusi 1 :
    Memang benar bahwa di zaman sekarang ini perkembangan teknologi informasi sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari contoh saja media sosial. Media sosial yang kini telah digandrungi oleh setiap orang baik dari kalangan anak anak sampai kalangan orang tua. Dalam penggunaan media sosial memiliki sisi aktif dan sisi negatif , tergantung bagaimana setiap orang mengaplikasikan media sosial tersebut , apakah dapat memilah mana yang baik dan mana yang buruk. Dalam penggunaan media sosial seharusnya kita bisa membatasi penggunaan media sosial agar tidak berdampak negatif pada diri kita. Hal kecil dari dampak penggunaan media sosial kita juga dapat lalai dalam pekerjaan kita akibat sibuk untuk bermain media sosial.

    Solusinya :
    Sebaiknya kita harus bisa memilah mana yang baik dan mana yang tidak baik dalam media sosial, kita juga harus membatasi penggunaan media sosial agar kita tidak kecanduan .

    Diskusi 2
    1) memilih pasangan hidup yaitu pertama kita memilih atau melihat dari sisi agamanya, jika agamanya baik insyaAllah dia bisa membimbing, melindungi, mengajak kita untuk lebih bertaqwa kepada Allah SWT , yang kedua kita memilih dari segi akhlaknya, jika akhlaknya baik insyaAllah ia tidak akan menyakiti justru ia akan memuliakan, dan yang terakhir adalah dilihat dari segi lingkup keluarganya , jika keluarganya baik maka keturunannya juga baik. Untuk kriteria yang lain contoh saja segi kemapanan bisa dipertimbangkan.
    2) menjadi sakinah mawadah dan warahmah yaitu sebagai pasangan kita harus saling mengerti, menerima(kekurangan maupun kelebihan) dari pasangan kita, kita harus tau apa yang menjadi kewajiban kita . Jika perempuan kita harus menghormati laki laki atau suami, jika laki laki kita harus bisa mengayomi(menafkahi) perempuan atau istri. Dan juga kita harus berdoa berserah diri kepada Allah SWT agar hubungan kita terus menjadi sakinah mawadah dan warahmah dan InsyaAllah dunia dan akhirat.

    BalasHapus
  17. Nama : Noviana Indah Dwi D.
    Kelas/No.Absen : XII MIPA 4/22

    Diskusi 1:
    Menurut saya, memang tidak semua medsos memberikan dampak positif bagi kita, namun juga ada dampak negatif seperti yang dijelaskan di atas. Namun, dampak yang ditimbulkan juga tergantung pada kita sebagai penggunanya. Apakah medsos tersebut kita gunakan dalam hal positif, atau sebaliknya.
    Solusi yang dapat saya berikan adalah pandai-pandailah kita dalam menyerap informasi yang ada. Dan juga lebih berhati-hati ketika menggunakannya agar tidak terjadi tindak kejahatan maupun hal-hal yang tidak kita inginkan. Serta lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

    Diskusi 2 :
    Pendapat saya tentang cara memilih pasangan hidup adalah jangan hanya melihat fisiknya saja, namun yang terpenting adalah seiman, seagama,
    dan juga dapat menjadi imam yang baik untuk kita, serta mampu mengajak kita untuk selalu mengingat Allah SWT.
    Cara agar keluarga tetap terjalin sakinah mawaddah warahmah adalah dengan saling percaya, berkomitmen, dan juga saling terbuka satu sama lain. Dan juga tidak lupa untuk selalu bersyukur dan berdo'a kepada Allah SWT.

    BalasHapus
  18. Nama : Anggraeni Ameilia A.
    Kelas : XII Mipa 4 / 02

    Diskusi 1 :
    Memang benar bahwa di zaman sekarang ini perkembangan teknologi informasi sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari contoh saja media sosial. Media sosial yang kini telah digandrungi oleh setiap orang baik dari kalangan anak anak sampai kalangan orang tua. Dalam penggunaan media sosial memiliki sisi aktif dan sisi negatif , tergantung bagaimana setiap orang mengaplikasikan media sosial tersebut , apakah dapat memilah mana yang baik dan mana yang buruk. Dalam penggunaan media sosial seharusnya kita bisa membatasi penggunaan media sosial agar tidak berdampak negatif pada diri kita. Hal kecil dari dampak penggunaan media sosial kita juga dapat lalai dalam pekerjaan kita akibat sibuk untuk bermain media sosial.

    Solusinya :
    Sebaiknya kita harus bisa memilah mana yang baik dan mana yang tidak baik dalam media sosial, kita juga harus membatasi penggunaan media sosial agar kita tidak kecanduan .

    Diskusi 2
    1) memilih pasangan hidup yaitu pertama kita memilih atau melihat dari sisi agamanya, jika agamanya baik insyaAllah dia bisa membimbing, melindungi, mengajak kita untuk lebih bertaqwa kepada Allah SWT , yang kedua kita memilih dari segi akhlaknya, jika akhlaknya baik insyaAllah ia tidak akan menyakiti justru ia akan memuliakan, dan yang terakhir adalah dilihat dari segi lingkup keluarganya , jika keluarganya baik maka keturunannya juga baik. Untuk kriteria yang lain contoh saja segi kemapanan bisa dipertimbangkan.
    2) menjadi sakinah mawadah dan warahmah yaitu sebagai pasangan kita harus saling mengerti, menerima(kekurangan maupun kelebihan) dari pasangan kita, kita harus tau apa yang menjadi kewajiban kita . Jika perempuan kita harus menghormati laki laki atau suami, jika laki laki kita harus bisa mengayomi(menafkahi) perempuan atau istri. Dan juga kita harus berdoa berserah diri kepada Allah SWT agar hubungan kita terus menjadi sakinah mawadah dan warahmah dan InsyaAllah dunia dan akhirat.

    BalasHapus
  19. Nama:rizqi salsabila p
    Kelas/no.abs : XII mipa 4/26

    Diskusi 1
    Menurut saya medsos dapat sangat membantu kita dalam kehidupan jika kita melihat dari sisi positifnya seperti kita dapat mengetahui berbagai informasi penting yang terjadi dinegara dengan sangat mudah,jika mengenai dampak negatif dari medsos itu tergantung dari penggunanya sendiri kita harus dapat memilah mana yang baik dan mana yang buruk.

    Solusi:
    *sebaiknya kita dapat membatasi diri kita sendiri dalam penggunaan medsos
    *mencari kegiatan lain yang lebih bermanfaat seperti mengikuti berbagai organisasi dan juga para orang tua harus selalu mengawasi anaknya saat bermain medsos

    Diskusi 2
    Menurut saya dalam memilih pasangan tidak hanya melihat bibit,bebet dan bobot nya saja kita juga harus memilih pasangan yang memiliki pemahaman yang baik tentang agama dan tingkah lakunya dan jika kita belum yankin deng pasangan pilihan kita sebaiknya meminta petunjukkepada allah dengan shalat istikhara

    Solusi:
    Agar keluarga tetap terjalin dengan sakinah mawadah warahma,setiapa pasangan harus saling terbuka satu sama lain dan juga harus saling percaya apabila terjadi suatu keributan harus saling introspeksi diri sendiri terlebih dulu

    BalasHapus
  20. Nama : Hidayatul Ilmiah
    Kelas : XII Mipa 4
    Absen : 10

    Diskusi 1: Menurut saya medsos dalam zaman modern ini memang banyak dipakai dan banyak hal-hal yang terdapat dalam medsos yang dicontoh dan ditiru. Medsos punya dampak positif yang dapat dicontoh,tetapi medsos juga punya dampak negatif yang sangat berbahaya bagi generasi muda saat ini. Hal itu sangat perlu diwaspadai.

    Solusi: para orang tua seharusnya menghimbau agar anak-anaknya dalam menggunakan medsos agar tidak terjerumus kedalam dampak negatif dari medsos tersebut.

    Diskusi 2: Dalam memilih pasangan hidup sebaiknya kita harus memperhatikan dan mempertimbangkan dengan baik pilihan kita . kita juga harus mempertimbangkan apakah pilihan kita layak untuk menjadi pasangan hidup kita nanti,kita harus melihat dari baik buruk perilakunya,sifat,dan keimanannya agar kita tidak salah memilih.

    Solusi :agar keluarga tetap terjalin keharmonisannya haruslah saling percaya satu sama lain dan tidak pernah merasa curiga terhadap sesama,juga selau berdoa agar keluarga dijauhkan dari keburukan dan percerai beraiian.

    BalasHapus
  21. Nama : m.adam ibrahim
    Kelas : 12 mipa 4/14

    Diskusi 1:
    Menurut saya Penggunaan medsos di masa sekarang memang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari hari kita.sebenarnya banyak dampak positif yang dapat diterima dari medsos tetapi banyak pula dampak negatifnya.dampak negatif dari medsos itu sendiri sebenarnya berasal dari pengguna yang tidak bijak dalam menggunakannya sebaliknya jika pengguna medsos itu bijak maka banyak dampak positif yang dapat diterima seperti bisa mendapat ilmu dan bisa berbisnis

    Solusi saya pandai-pandailah dalam menggunakan medsos supaya tidak menerima dampak negatifnya dan bisa mendapatkan dampak positif dari medsos serta dekat kan diri kita kepada allah swt supaya dapat menjauh dari dampak negatif medsos

    Diskusi 2
    Dalam mencari pasangan hidup jangan dilihat dari luarnya saja tetapi lihat bagaiman perilakunya dan lihat iman dan ketaqwaanya kepada allah swt supaya bisa terbentuk keluarga yang bahagia di dunia dan akhirat

    Cara agar keluarga tetap terjalin dengan sakinah mawaddah warrahmah adalah dengan saling pengertian dan saling menghormtai serta jangan egois dalam berbagai hal dan juga jangan lupa untuk berdoa dan bersyukur kepada allah agar keluarga tetap sakinah mawaddah warahmah

    BalasHapus

  22. Nama: zakiyah
    Kelas : XII MIPA 4

    Diskusi 1:
    Menurut pendapat saya, di zaman sekarang(era globalisasi) medsos tidak dapat kita pungkiri. Medsos sendiri memiliki 2 dampak, posif dan negatif, dampak positif dari medsos sudah kita rasakan, dan sangatlah berguna bagi kehidupan manusia diera sekarang contohnya dibidang pendidikan, ekonomi, bisnis dan masih banyak lain, tatapi medsos juga memiliki dampak negatif yang dimana dampak tersebut dapat menimbulkan masalah bagi seseorang, dampak neagtif itu sendiri muncul karena tindakan menyalahgunakan medsos tersebut dengan kurang bijak . Contoh penyalahgunaan medsos : terjadi perselingkuhan yang bermula dari medsos sehingga menyebabkan seseorang yang sudah berkeluarga dan dulunya sangat mencintai keluarnya menjadi terpengaruh dengan orang lain yang membuatnya merasa nyaman di medos dan masih tidak lagi perduli terhadap keluarnya yang ada di dunia nyata

    Solusi:menurut pendapat saya solusi yang tepat dalam menghadapi dampak negatif akibat terlalu menggunakan medsos adalah setiap individulisme manusia harus mempunyai kesadaran dan batasan dalam penggunaan medsos dan manusia harus selalu dekat dengan ALLAH SWT, karena dimana soseorang yang beriman dan taqwa kepada ALLAH tidak akan mudah terpengaruh terhadap dampak negatif dari medsos.

    Diskusi 2 :
    Menurut pendapat saya mencari pasangan hidup bukan merupakan suatu hal yang gampang dan remeh, tujuan kita memulai bakhliga rumah tangga adalah untuk menyempurnakan agama dengan menikah,penikahan tersebut bukanlah hal yang main-main, penikahan tersebut harus kita pertanggunge jawabkan kepada ALLAH SWT, sehingga kita harus memilih pendamping kita dengan yang sebaik -baiknya
    Menurut hadist Nabi Muhammad SAW, setidaknya ada 4 kriteria ketika seseorang ingin mencari pendamping hidup. apa saja kriteria tersebut?? Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Perempuan dinikahi karena empat faktor. Karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka menangkanlah wanita yang mempunyai agama, engkau akan beruntung.” (HR Bukhari, Muslim, al-Nasa’i, Abu Dawud Ibn Majah Ahmad ibn Hanbal, danal-Darimidalam kitabnya dari sahabat Abu Hurairah ra)
    Hadist ini mengisyaratkan bagaimana memilih jodoh yang baik. Meski Nabi mendahulukan harta, nasab, dan kecantikan namun junjungan alam ini dalam akhir hadistnya mengatakan bahwa sebaiknya memenangkan mereka yang baik agamanya. Halini menandakan bahwa sebenarnya agama merupakan kriteria paling utama.
    #cara agar keluarga sakinah mawadah warakhma
    1.didalam hubungan hubungan penikahan harus ada rasa saling pecaya satu sama lain
    2.ssaling mncintai pasangan masing -masing
    3.saling melengkapi satu sama lain seperti yang diajarkan oleh agama islam bahwa suami istri bagaikan pakaian, saling melengkapi satu sama lain
    4.saling menjaga aib pasangannya
    5.saling menasehati satu sama lain jika ada kesalahan guna menjadi keluarga yang barakoh di akhirat nanti
    6.selalu bedoa kepada allah agar melindungi kehidupan dumah tangganya, karena didalam pernikahan terdapat aurga
    Contohnya :bakti seorang istri kepada suaminya

    BalasHapus
  23. Nama : Salsabila imaniar
    Kelas : 12 Mipa 4 / 29

    diskusi 1
    perkembangan medsos saat ini memang semakin maju dan kita harus pandai" untuk menggunakan medsos untuk hal yang positif dalam kehidupan sehari hari , seperti untuk menunjang belajar kita , jangan sampai medsos malah membuat kita terjerumus ke perbuatan yg tercela seperti melihat situs" yg tidak seharusnya kita liat, dan biasanya penipuan dalam hal belanja online
    solusinya kita sebagai pengguna harus bisa memilah mana yg baik dan mana harus kita hindari

    solusi nya adalah sebagai pengguna kita harus pandai"nya memilah mana yang baik untuk kita dan mana yang harus kita hindari

    diskusi 2

    cara memilih pasangan hidup adalah yang pertama dia harus seiman dengan kita , mempunyai akhlak yang baik dan juga berpendidikan yg baik pula , sayang dan berbakti kepada keluarganya , dan silsilah dan nasab keluarganya jelass dan jangan lupa meminta petunjuk kepada Allah Swt

    agar keluarga tetap sakina mawaddah warohmah ialah suami istri harus saling terbuka satu sama lain dan saling percaya satu sama lain , harus bisa menjagaa emosi jika sedang bertengkar karena pasti akan ada pertengkaran" kecil dalam rumah tangga

    BalasHapus
  24. Nama : Fadhilah Firmansyah
    Kelas. : XII MIPA 4
    Absen : 06

    Diskusi 1
    Tanggapan : Menurut saya, penggunaan medsos lebih berhati hati karena ada dampak potisif dan negatifnya. medsos harus digunakan sebagai alat komunikasi,untuk menyampaikan informasi, berbisnis online ,mencari ilmu pendidikan online dan dll yang berbau positif. Medsos Tidak boleh digunakan untuk hal-hal yang kurang baik/negatif.perbuatan positifmu akan mendapat pahala dan perbuatan negatifmu akan mendapat dosa :) .

    Solusi :(kita harus bisa memilah mana yang positif dan yang negatif).Untuk diri sendiri kita harus melawan hawa nafsu perbuatan negatif.Untuk orang tua setiap harinya harus mengecek hp anaknya. kalau anaknya belum cukup umur kalau bisa jangan dipengangi hp karena anak yang belum cukup umur kebanyakan belum bisa membedakan mana yang postif dan negatif.


    Diskusi 2
    Pendapat : Menurut Nabi Muhammad saw. Ada 4 alasan cara memilih pasangan,
    1. Memilih krn kecantikan
    2. Kekayaan
    3. Keturunan
    4. Agama dan ketaqwaan.
    Sedangkan berdasarkan hadis diatas menurut pendapat saya memilih pasangan hidup yang pertama dilihat agamanya yaitu islam, kedua akhlaknya,ketiga ada kecocokan terhadap calon, keempat mendapatkan restu orang tua.


    Cara keluarga menjadi sakinah mawaddah warahmah:
    1. Memilih pasangan dengan kriteria yang tepat
    2.Saling pengertian & menghargai
    3.Landasi rumah tangga dengan ajaran agama
    4.Mengisi rumah tangga dengan kasih sayang
    5.Menerima kekurangan dan kelebihan masing – masing





    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Nama: Nadia Eka Nurhayati
    Kelas: XII MIPA 4/18

    Diskusi 1: Pada jaman globalisasi sekarang ini membawa dampak positif dan negatif. tetapi kita harus memilah dan memilih mana yang baik bagi kita dan mana yang kurang baik untuk kita. Kita sekarang ini dipermudah dengan adanya internet atau medsos. Dengan internet dan medsos kita diberi kemudahan berkomunikasi, membuat bisnis, mendapat berita terbaru dan lain sebagainya, tetapi dengan adanya medsos tersebut sebaiknya kita menggunakannya dengan bijak dan tidak berlebihan, bila ingin memosting sesuatu sebaiknya kita mensaring dulu dan mencari kebenarannya sebelum kita menyebarkannya. Sebaiknya juga kita tidak menggunakan medsos dengan berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Keluarga juga perlu perhatian kita oleh sebab itu kita harus memperhatikan mereka, dengan berkomunikasi atau berkumpul dengan keluarga atau bertatap muka dan saling curhat maka masalah masalah dapat terselesaikan dengan damai tanpa adanya kekerasan dan menyeret ke pihak yang berwajib. Sebaiknya juga kita sebagai anggota keluarga juga mau terbuka atas masalah yang kita hadapi.

    Solusi: sebaiknya kita membatasi penggunaaan medsos, bila bermain medsos sebaiknya kita menyaring mana yang baik dan mana yang buruk, bila ingin memposting sesuatu kita sebaiknya bisa mempertanggung jawabkannya. dan sebaiknya kita memperbanyak quality time dengan keluarga sehingga setiap anggota keluarga dapat mengetahui masalah yang kita alami dan dapat memberikan solusi terbaik untuk masalah kita. dengan komunikasi yang baik antar anggota keluarga maka masalah keluarga dapat diminimalkan.

    Diskusi 2:menurut saya memilih pasangan hidup memang tidak bisa dinggap remeh. karena dengan pasangan hidup juga bisa menentukan nasib kita kedepannya. Mencari pasangan hidup harus dengan teliti dan jeli, memilih mana yang baik untuk kita dan mana yang kurang baik bagi untuk kita. dalam memilih pasangan hidup haruslah sesuai dengan keinginan kita tetapi juga tidak meninggalkan tentang agamanya. memilih yang baik agamanya, baik akhlaknya. tetapi kita juga harus menerima restu dari orang tua bila orang tua kita tidak setuju dengan pilihan kita sebaiknya kita harus berpikir 2 kali untuk memilihnya. karena ridho orang tua merupakan ridho Allah SWT. dan kadang orang tua juga tau mana yang baik untuk kita dan mana yang kurang baik untuk kita.

    agar keluarga kita tetap terjalin sakinah mawaddah warohma kita sebaiknya terbuka dengan anggota keluarga atau pasangan kita tentang maslah yang kita hadapi, mungkin mereka dapat memberikan solusi yang baik untuk kita, dan kita juga harus saling percaya dengan pasangan dengan saling percaya insyaallah masalah keluarga dapat diminimialkan, memperbanyak quality time dengan pasangan atau anggota keluarga, saling mencintai dan menyayangi antar pasangan dan anggota keluarga pasangan, saling mengingatkan dan menjalankan kewajiban masing masing, menjalankan keluarga sesuai syariat islam.

    BalasHapus
  28. Nama : Luluk wardatul jannah
    Kelas : XII MIPA 4/12
    Diskusi 1 :
    Menurut saya, kecanggihan teknologi saat ini menuntut banyak orang untuk mengikutinya. Termasuk sosmed. Penggunaan sosmed memang dirasa penting karena seluruh informasi yang kita peroleh juga didapat dari sosmed. Tetapi sosmed juga bisa berdampak negatif seperti yang dikatakan diatas tadi. Itu semua kembali pada diri sendiri,karena yg bisa mengontrol diri seseorang hanya diri mereka sendiri.

    Solusi untuk mengatasinya adalah dengan menjadikan sosmed sebagai media dalam hal kebaikan seperti berdakwah, dan memberikan motivasi kepada orang lain. Pandai pandailah dalam mengolah sesuatu untuk menjadikannya bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

    Diskusi 2 :
    Menurut saya, cara memilih pasangan itu dengan melihat agama dan akhlaknya. Apabila agama dan akhlaknya baik insyaallah semua yang ada pada diri orang tersebut juga baik. Seperti yang terdapat dalam hadit nabi :
    عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُعَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا فَاظْفَرْ بِذَات الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ
    Artinya : dari Abi Hurairah ra bahwasanya Nabi saw bersabda wanita dinikahi karena empat perkara. Pertama hartanya, kedua kedudukan statusnya, ketiga karena kecantikannya dan keempat karena agamanya. Maka carilah wanita yang beragama (islam) engkau akan beruntung.”

    إذا جاءكم من ترضون دينه وخلقه فزوجوه إلا تفعلوه تكن فتنة في الأرض وفساد كبير

    “Jika datang kepada kalian seorang lelaki yang kalian ridhai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia. Jika tidak, maka akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar.” (HR. Tirmidzi. Al Albani berkata dalam Adh Dho’ifah bahwa hadits ini hasan lighoirihi)
    Dari kedua hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa agama merupakan point penting dalam memilih pasangan, maka pilihlah pasangan yang baik memiliki pemahaman yang baik tentang ilmu agama.
    Cara untuk menjaga agar tetap sakinah mawaddah wa rahmah adalah dengan membangun rumah tangga yang berlandaskan alqur'an dan hadits, saling terbuka satu sama lain, saling mencintai dan memberi kasih sayang, dan menjalankan kewajibannya sebagai suami dan istri dengan baik, seperti seorang istri membantu meringankan pekerjaan suami dengan mengurus semua keperluan di rumah.

    BalasHapus
  29. Nama : Syndi Gabriella Ting (XII MIPA 4/32)



    DISKUSI 1 : Menurut saya pribadi, media sosial memiliki banyak dampak positif. Mengikuti perkembangan zaman tentunya kita tidak bisa lepas dari ini karena pada zaman sekarang ini medsos sudah menjadi bagian dari hidup dikarenakan segala informasi sekarang disebarkan melalui sosmed. Namun medsos memang bisa menyebabkan candu bagi siapa yang tidak bisa mengendalikan diri dalam menggunakan sosmed sehingga menyebabkan masalah lain timbul. Sehingga kita harusnya bisa mengendalikan diri.

    SOLUSI : medsos memang diperlukan, akan tetapi sebagai manusia yang bijak kita hendaklah bisa mengendalikan diri sendiri dan harus pandai-pandai memilah serta menyaring mana yang baik bagi kita. Dengan begitu maka kita tidak akan terjerumus pada dampak-dampak negatif dari penggunaan medsos.

    DISKUSI 2 : Nikah merupakan sebuah fitrah dan perintah Allah SWT. Menikah juga menambah rezeki, sebelum menikah kita tentunya harus mencari pasangan hidup. Dalam mencari pasangan hidup yang harus menjadi pertimbangan pertama adalah ketaatan dalam beribadah (shalat) , pengetahuan karena besok dia bakal menjadi imam dalam rumah tangga kita, Setelah itu cari tahu bagaimana akhlaknya terhadap kedua orang tuanya. Setelah itu tinggal kita memantaskan diri, memantaskan diri disini punya makna perjuangan dan usaha. Usaha yang kita lakukan agar kita bisa layak untuk dicintai, tapi yang lebih utama adalah untuk mencapai ridha Allah. Pemantasan diri yang paling penting ialah belajar, seperti belajar bagaimana menjadi istri atau suami yang baik. Jika dirasa sudah pantas lanjut pada proses selanjutnya yaitu ta'aruf. Dalam proses ini tentunya kita membutuhkan restu orang tua kita kemudian mencari perantara dan melakukan pengajuan ta'aruf biasanya kita disediakan proposal yang berisi biodata singkat dan foto orang tersebut. Kemudian lanjut ke proses ta'aruf tatap muka agar lebih mengenal satu sama lainnya. Jika sudah mengenal satu sama lain tinggal kita meminta petunjuk kepada Allah SWT apakah dia adalah pasangan hidup yang tepat bagi kita dan memantapkan hati dengan melakukan shalat istikharah. jika memang itu pasangan hidupmu maka hal terakhir yang dilakukan adalah melakukan khitbah, temui calon mertuamu dan kemudian menikahlah.

    Keluarga sakinah mawaddah warahmah :
    Agar hubungan rumah tangga sakinah mawaddah warahmah maka prinsip pertama yang harus dipegang dalam berkeluarga adalah dibangun dan didirikan berlandaskan Al-Qur'an dan rasul yaitu berlandaskan taqwa karena pernikahan pada hakekatnya melaksanakan perintah Allah sehingga harus dilandaskan atas dasar cinta kepada Allah SWT. Prinsip kedua adalah saling mempercayai satu sama lain dan menciptakan kasih sayang di dalamnya, karena tanpa kasih sayang sebuah perkawinan akan hancur dan tidak akan ada kebahagiaan diantara keduanya. Yang ketiga adalah merasa syukur telah dikaruniai pasangan hidup, jika kita selalu merasa bersyukur akan hal itu maka kasih sayang akan terus bertambah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT maka secara tidak sadar kita akan selalu menyayangi pasangan hidup kita. Terakhir yang paling penting menjalankan kewajiban dalam keluarga dengan baik, baik sebagai suami, istri, ayah, maupun sebagai ibu.

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Nama: Nisa Zafira I
    Kelas : XII Mipa 4 / 20

    Diskusi 1: Menurut saya memang medsos sangat berpengaruh bagi kehidupan sehari-hari, akan tetapi medsos juga memiliki dampak positif yang dapat membantu menyelesa ikan tugas sehari hari. Sekaligus medsos memiliki dampak negatif yaitu dapat merusak pibadi seseorang menjadi buruk.Selain itu medsos dapat menjauhkan yang dekat akan tetapi medsos juga mendekatkan yang jauh.Melalui medsos kita juga dapat melakukan silaturrahmi dengan teman atau kerabat yang jauh ataupun telah lama tidak berjumpa. Namun bagi seseorang yang telah kecanduan dengan medsos mereka akan kehilangan akal secara perlahan dan melakukan apapun agar keinginannya terpenuhi dan menjadi tenar. Sehingga kita harus dapat mengendalikan diri saat bermain dengan medsos.

    Solusi:
    Saat bermain medsos hendaknya kita harus tau diri dan aelalu menyaring hal hal baru yang didapatkan dari medsos.Selain itu kita harus kuat iman agar terhindar dari perbuatan buruk saat bermedsos.


    Diskusi 2:
    Menurut pendapat saya cara mencari pasangan hidup yang baik dengan cara memilih dengan hati yang tulus,karena dengan hati yang tulus maka kita akan hidup dengan bahagia.Selain itu kita memilih pasangan hidup tidak sebatas karena nafsu saja. Seperti karena kecantikannya, kekayaannya, jangan.Dan juga yang terakhir cara memilih pasangan hidup yang baik dan paling penting adalah sifatnya, perilakunya dan imannya hatus kuat, tidak mudah goyah karena suatu hal.


    Cara agar keluarga menjadi Sakinah,Mawadah,Warohmah :
    Antara satu sama lain harus dapat saling menjaga kepercayaan.Karena kepercayaan kunci untuk menjadi keluarga sakinah, mawaddah,warohmah.Dan juga harus saling mengingatkan satu sama lain apabila melakukan suatu kesalahan. Selesaikan masalah dengan kepala dan hati yang dingin, agar semuanya tidak rusak dengan sia sia.

    BalasHapus
  32. Nama : Novi Dwi Wiranti
    Kelas / No.abs : XII MIPA 4 / 21

    Diskusi 1 :
    •Tanggapan : Menurut saya, penggunaan medsos dapat memberikan dampak positif dan negatif . Jika kita mengikuti info / pergaulan dari medsos yang tidak benar, maka kita akan terjerumus ke dalam jalan yang tidak benar . Jika kita menggunakan medsos untuk hal yang baik serta bermanfaat , maka akan berdampak baik bagi orang lain . Jadi,kita boleh menggunakan medsos tetapi tidak sampai berlebihan, dan selalu memilah mana info yang baik mana info yang salah .

    • Solusi : Sebaiknya kita mengendalikan diri kita agar tidak overdosis dalam bermain medsos, memperbanyak ibadah, dan sebaiknya medsos digunakan untuk hal yang positif seperti bisnis, membagikan postingan yang bermanfaat, serta tidak mengumbar aib pribadi/ keluarga dalam medsos , karena akan menimbulkan fitnah, dsb .

    Diskusi 2

    Menurut saya , cara memilih pasangan hidup ialah yang mengerti tentang agama , bagus iman, serta baik akhlaq . Karena, jika orang yang paham akan agama islam, pasti bisa memuliakan perempuan sebagaimana yang dicantumkan dalam al qur'an yaitu surat An Nisa . Yang terpenting ialah, orang yang paham akan agama islam. Demikianlah, jika kita sudah menemukan yang dipilihkan oleh Allah, Insya Allah akan berpengaruh pada kesuksesan dunia dan akhirat .

    Cara agar menciptakan keluarga yang sakinah mawadah warahmah ialah ,dengan cara saling mengingatkan , saling terbuka dengan pasangan, selalu berusaha ber akhlaq yang baik, dan tidak durhaka . Jika mendapatkan suatu masalah,menyelesaikan dengan baik baik dan tidak egois, dan selalu berusaha lebih baik untuk menuju surga-Nya .

    BalasHapus
  33. Nama : M. Rakha Arrasidi
    Kelas. : XII - MIPA 4 / 17

    Diskusi 1 :
    Menurut saya, semua kembali kepada pengguna medsos tersebut, jika pengguna dapat menggunakannya dg baik maka mereka tidak akan terjerumus kedalam dampak negatif dari medsos dan tidak mudah mempercayai berita yg belum tentu benar kejadian nya.
    Solusi : Pandai - pandailah dalam menggunakan medsos agar tidak menerima dampak negatif nya dan jangan mudah percaya dengan berita² yg belum tentu jelas kebenaranya karena itu hanya untuk mencari sensasi saja.

    Diskusi 2 :
    Cara memilih pasangan hidup yang benar :
    Yang pertama adalah memilih calon pasangan hidup yang memiliki pemahaman agama yg baik karena salah satu tanda orang yang diberi kebaikan oleh Allah adalah memiliki pemahaman agama yg baik.
    Yang kedua adalah memilih pasangan hidup yang seiman dan berakhlak. Jangan asal dan terburu - buru dalam memilih pasangan hidup, kita harus melihat dulu dari segi keimanan dan akhlak nya.
    Cara untuk menjaga hubungan tetap Sakinah Mawaddah Warrahmah yaitu :
    1) Saling mengerti dan saling memahami
    2) ‎Saling percaya satu sama lain
    3) ‎Menerima kekurangan pasangan
    4) ‎Saling terbuka dan jujur.

    BalasHapus

  34. Nama: Nurul Afiyah
    Kelas: XII-4/23

    Diskusi 1 :
    Pada saat ini medsos sangatlah berpengaruh pada kehidupan setiap orang, banyak dampak yang ditimbulkan dari medsos tsb. Jika kita tidak pandai memilah mana yang baik dan buruk, maka kita akan terjerumus pada hal hal yang berbau negatif yang akan merugikan diri kita sendiri.
    Solusinya, Mengendalikan diri sendiri untuk menggunakan sosmed dengan cara yang positif, contohnya mencari informasi-informasi yang dibutuhkan saja. Kita juga bisa membatasi penggunaan sosmed agar tidak menggunakan sosmed secara terus menerus.

    Diskusi 2 :
    Dalam memilih pasangan hidup yang terpenting kita harus melihat apakah dia seiman dengan kita atau tidak, memilih pasangan yang dapat menuntun kita pada kebaikan dan melihat perilaku yang dia lakukan terhadap kita dan juga orang tua kita. kemudian yang paling penting yaitu restu dari orang tua kita, apakah mereka merestui kita atau tidak.
    Cara agar keluarga terjalin dengan sakinah mawadah warohma yaitu dengan saling terbuka satu sama lain agar tidak terjadi kesalah pahaman, Suami istri secara tulus menjalankan masing-masing kewajibannya dengan didasari keyakinan bahwa menjalankan kewajiban itu merupakan perintah Allah SWT yang dalam menjalankannya harus tulus ikhlas.Suami menjaga hak istri dan istri menjaga hak-hak suami. Dari sini muncul saling menghargai, mempercayai, setia dan keduanya terjalin kerjasama untuk mencapai kebaikan didunia ini sebanyak-banyaknya melalui ikatan rumah tangga.

    BalasHapus
  35. Nama : Silvia Rosydatul A'ima
    Kelas : XII MIPA 4 / 30

    Diskusi 1 :
    * Menurut saya, krn di era globalisasi yang terjadi di zaman ini memang penggunaan teknologi sudah sangat berkembang. Dalam media sosial pun sudah banyak yang menggunakan untuk berbagai macam hal. Medsos sendiri, memiliki dampak positif dan negatif. Tidak semua yg ada di medsos bersifat negatif, tetapi banyak jg yg bersifat positif yang bermanfaat bagi penggunannya. Sebagai makhluk ciptaan allah yang memiliki akal, dan sebagai seorang muslim yang senantiasa dianjurkan untuk berpikir, maka kita harus bisa membedakan hal yang positif(dapat diambil) n hal negatif (dijauhi). Namun, penggunaan medsos yang terlalu berlebihan juga menimbulkan dampak yg negatif, sehingga bagaimana dr diri kita untuk membatasi penggunaan medsos.

    *Solusi : saya kira kita harus bs membedakan mana yang patut untuk dijadikam contoh dan mana yang harus dijauhi. Penggunaan medsos untuk anak anak sebaiknya diawasi oleh orang tuanya. Untuk kasus perselingkuhan yang banyak terjadi karena medsos, itu dari kesadaran diri masing masing, sebagai seorang manusia yg punya akal, kita bs membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

    Diskusi 2 :
    * Menurut saya, memilih calon pasangan hidup adalah yang pertama harus dilihat dari agamanya, yaitu se-iman. Memilih pasangan hidup juga harus mengetahui akhlak nya, kemudian baru kita minta petunjuk kepada allah dengan shalat istikharah, apakah memang ini jodoh yang allah tetapkan untuk saya. Karena jodoh adalah pilihan allah dan allah yang menentukan.

    *Memutuskan untuk menikah dan siapa yang menjadi pendamping hidup adalah pilihan kita sendiri, yang sudah kita pasrahkan kepada Allah . Untuk itu, dalam membina rumah tangga yang samawa, hendaknya dalam membina rumah tangga selalu bersikap saling terbuka satu sama lain, jujur dalam hal apapun, setia dan yakin bahwa adalh pilihan terbaik dari Allah untuk saya, dan yang paling penting adalah salning percaya. Karena jika kepercayaan itu sirna, maka hubungan rumah tangga menjadi kurahng harmonis.

    BalasHapus
  36. Fakhru Rizal H.M (XII MIPA 4/07)
    Diskusi 1: Menurut saya penggunaaan sosmed berlebihan memang dapat berdampak negatif, selain dapat merusak mata karena berlebihan melihat monitor hp atau komputer,berlebihan menggunakan sosmed dapat mengubah pemikiran dan ingatan seseorang secara tidak sadar.karena pada sosmed jaman sekarang banyak postingan yang seharusnya di sensor karena tidak layak di konsumsi banyak orang tetapi di biarkan saja.berlebihan menggunakan sosmed dengan postingan-postingan negatif tersebut secara ulang-ulang tidak sadar bahwa otak akan menyimpan hal-hal negatif itu dan akan membuat seseorang berperilaku yang tidak baik.tetapi jika sosmed di gunakan dengan sebaik-baiknya dapat menjadi keuntungan yang baik dalam pemenuhan kebutuhan hidup.

    Solusi: Penggunaan sosmed harus di batasi dalam kehidupan sehari-hari dan diarahkan ke hal-hal yang positif.

    Diskusi 2:
    -Menurut saya dalam memilih pasangan selain di lihat dari segi materi dan kriteria-kriteria yang di inginkan, terutama harus dilihat dari agama dan akhlaknya. Pasangan yang berpegang teguh pada syariat-syariat agama islam,agar dapat bersaama-sama untuk mempersiapkan diri di akhirat kelak. Dan juga pasangan yang berpegang teguh pada syariat akan jarang terjadi perceraian karena sesungguhnya Allah swt tidak menyukai perceraian antar umatnya.

    - Agar menjadi keluarga yang sakinah mawadah warohma kedua pasangan harus saling setia,saling membantu dalam suka maupun duka,saling melengkapi satu sama lain,tidak egois,dan saling mengingatkan dalam mengerjakan ibadah untuk bekal di akhirat kelak.

    BalasHapus
  37. Nama : Raifatul Maulah
    Kelas/No. Abs : XII MIPA 4 / 25

    Diskusi 1 :
    Menurut saya, medsos adalah sebuah media untuk bersosialisasi dengan org lain. Berbagai media sosial tersedia, ada yang membawa dampak positif dan juga dampak negatif. Itu semua tergantung daro diri kita sendiri bagaimana kita menggunakannya. Jika digunakan untuk hal-hal yang positif maka kita juga mendapatkan manfaatnya atau sisi positifnya tersebut, begitupun sebaliknya jika kita menyalahgunakannya maka kita pula yang mendapatkan pengaruh buruk dari media sosial tersebut.

    Solusi terbaik menurut saya, kita sebagai pengguna media sosial harus pandai-pandai dalam mempergunakannya. Jangan sampai kita menyalahgunakannya untuk hal-hal yang negatif.

    Diskusi 2 :
    Cara memilih pasangan hidup menurut saya, yang paling penting adalah se iman. Pada dasarnya dalam ajaran agama islam sendiri telah mensyaratkan seseorang dalam memilih pasangan itu yang baik agamanya, selain itu juga harus baik perilakunya, ber ilmu dan jelas dari segi turunannya.

    Agar keluarga tetap terjalin dengan sakinah mawaddah warahmah menurut saya adalah dengan adanya rasa saling percaya antara kedua belah pihak, komitmen, saling mengingatkan, saling mengerti, menerima segala kelebihan & kekurangan masing-masing dan yang paling penting sama-sama  mendekatkan diri kepada Allah Swt.

    BalasHapus
  38. M.Aqshal Bintang I (XII Mipa 4 / 16)
    Diskusi 1
    Yang dimana zaman Sekarang adalah zaman modern, dikarenakan perkembangan sains dan teknologi melambung dengan cepat, dalam bidang teknologi ini Ada sisi positif Dan negatifnya, salah satunya adalah teknologi yang mencakup "Medsos" Medsos (Media social) adalah dimana tempat orang-orang dapat bercerita,memposting,dll sesuai yang di inginkannya, Medsos memiliki sisi positif Dan sisi negatif, Sisi Positif dalam Sosmed adalah Kita dapat mendapatkan Uang dari Bisnis Online,Situs-situs tertentu, Dan Aplikasi Sosmed yang terkenal di era Sekarang yaitu Facebook,Instagram dll.
    Namun Sosmed juga memiliki sisi negatif yang dapat membuat Kita rugi, contohnya Munculnya berita-berita Hoax.

    Solusinya adalah Kitakan manusia yang diberikan akal paling sempurna (Mungkin :3) oleh Allah maka dari itu Kita juga Harus berfikir kritis untuk memahami Mana Hal yang baik Dan Mana yang buruk, janganlah terpancing/mudah terpercaya dengan hal-hal yang sepele seperti berita-berita Hoax Karena segalanya belum pasti benar, yang pasti benar adalah Allah Swt. (Azzekk :3)

    Diskusi 2
    Pendapat saya dalam memilih pasangan HIDUP adalah Kita Harus memilih sesuai agama Dan keyakinan kita, mengapa?? Karena bayangkan saja jika Kita memilih pasangan yang berbeda agama? Apa yang akan terjadi? Jika dalam pernikahan pasti dari Ada salah satunya yang memilih untuk ikut ke agama siapa... , Kebanyakan Laki-laki mengalah berpindah agama Demi pasangan hidupnya, Saya pikir itu adalah Hal yang tidak disarankan. ;-)
    Maka dari itu Pilihlah Pasangan hidup sesuai dengan Agama,berahlaq baik. Jangan pandang Covernya, Lihatlah lebih dalam lagi :-)

    Cara agar keluarga tetap terjalin dengan sakinah mawaddah warahmah adalah kita jangan sekali-kali melakukan Hal yang membuat suami/istri Kita curiga karena dimana jika salah satunya dari Kita curiga, maka akan terjadinya Hal yang tidak mengenakkan, maka dari itu Kita Harus saling percaya Dan saling terbuka dalam urusan berkeluarga, Because of trust and openness can add priceless compassion.

    BalasHapus
  39. Nama : Hafida Nur Oktaviani
    Kelas : XII MIPA 4
    Absen : 09

    # Diskusi 1
    Tanggapan :
    Menurut saya memang dalam era modernisasi ini banyak kemajuan dalam berbagai bidang, terutama dalam bidang teknologi. Kemajuan tersebut terdapat dampak positifnya seperti :
    1. Dari sisi bisnis = penjualan produk yang dapat tersebar dengan cepat dalam kurun waktu cepat pula, sehingga penjualan secara online bisa mendapatkan banyak keuntungan hanya bermodalkan gadget/handphone.
    2. Dari sisi pendidikan = kita hanya browsing/mencari di google sudah dapat mendapatkan banyak materi, kita juga dapat belajar dari youtube seperti mencari cara mengerjakan suatu soal bahkan cara untuk belajar memasak pun bisa.
    Dan masih banyak lagi dari berbagai sisi yang berdampak positif, namun semua ini tentunya juga terdapat dampak negatifnya.
    Dampak negatif juga terdapat pada setiap sisi tersebut seperti :
    1. Dari sisi bisnis = tentunya banyak oknum yang menyalahgunakan dengan cara membuat online shop (olshop) fake atau bohong. Sehingga banyak yang di rugikan. Ada juga barang yang datang, tidak sesuai dengan yang dipesan. Bisa juga kedatangan barang yang dipesan tidak tepat waktu.
    2. Dari sisi pendidikan = dengan mudahnya mencari materi pelajaran yang dicari, membuat para remaja saat ini malas atau menggampangkan tugasnya. Terutama membuat remaja saat ini malas untuk membaca, padahal membaca adalah jendela dunia. Kebiasaan untuk membaca pun menajdi pudar. Sering juga dalam web, cara mengerjakan suatu soal itu salah jawabannya. Bahkan kadang jawabannya susah di mengerti.
    Sehingga membuat kita akan lupa banyak hal. Seperti lupa waktu, jarang bertatap muka dengan keluarga/jarang berkumpul sekalinya berkumpul semua memegang handphone masing-masing, lupa untuk belajar dan masih banyak lagi.

    Solusi :
    Kembali pada diri masing-masing bahwa semua itu ada batasannya. Mulailah untuk mengurangi sehingga kita bisa tahu kapan untuk menggunakan handphone dan kapan melakukan kegiatan tanpa handphone
    Karena penjajahan pun bisa dari gadget/handphone yaitu lupa dengan kewajiban yang harus di lakukan oleh setiap orang
    Mungkin awal memang susah, tapi cobalah perlahan-lahan untuk membatasi.

    # Diskusi 2
    1. Menurut saya memang mencari pasangan hidup adalah hal yang paling sulit, bahkan semua orang pun ingin mendapatkan pasangan yang terbaik. Terbaik untuk hidupnya tentunya. Namun pasangan hidup berarti jodoh, jodoh adalah hal yang tidak bisa ketahui dan tidak bisa kita tolak bisa disebut sebagai takdir. Pasangan hidup sangat berpengaruh di dunia maupun di akhirat itu benar, karena sejatinya cinta dapat menguatkan setiap orang. Kuatnya cinta yang tulus juga bisa membuat setiap pasangan saling berusaha untuk memperbaiki diri. Sehingga semakin diri ini di perbaiki, semakin banyak hal yang di hadapi dan di lalui dengan kebaikan. Kebaikan akan membuahkan hasil di akhirat. Jadi adanya cinta pada setiap insan manusia tidak bisa di salahkan. Bagi saya, cara tepat memilih pasangan hidup dengan cara mau mengenali serta memahami orang lain yang berlawan jenis, memang pasti ada rintangan bahkan ada kalanya gagal. Namun kita harus berani mencari pasangan dengan melalui jatuh bangun dalam berhubungan. Jika kita sudah memantapkan hati pada satu orang, maka mintalah pendapat orang tua. Sebab ridho orang tua adalah ridho Allah juga. Jika masih bimbang, cobalah untuk sholat istikhoroh. Jika semua sudah selesai, maka segeralah sahkan hubungan tersebut dengan menikah. Agar tidak ada fitnah dan dapat memiliki orang tersebut seutuhnya.
    2. Cara agar keluarga tetap terjalin dengan sakinah mawaddah warahmah yaitu sudah sah, maka sepasang pasutri harus memantapkan agama sebagai pedoman hidup, tetap jaga komunikasi, jaga kesetiaan dan jaga hubungan agar keluarga tetap harmonis. Sebab ayah dan ibu adalah penompang awal terbentuknya suatu keluarga yang sakinah mawadah warrohmah sehingga keluarga menjadi harmonis.


    BalasHapus
  40. This is how my partner Wesley Virgin's story begins in this SHOCKING AND CONTROVERSIAL video.

    Wesley was in the army-and shortly after leaving-he found hidden, "MIND CONTROL" secrets that the CIA and others used to get whatever they want.

    THESE are the EXACT same secrets many famous people (especially those who "come out of nowhere") and top business people used to become rich and famous.

    You probably know how you use only 10% of your brain.

    That's mostly because the majority of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.

    Perhaps this conversation has even occurred IN YOUR very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head around seven years ago, while riding an unlicensed, beat-up garbage bucket of a car without a license and in his bank account.

    "I'm very fed up with going through life paycheck to paycheck! Why can't I become successful?"

    You've taken part in those types of conversations, ain't it so?

    Your very own success story is waiting to happen. All you have to do is in YOURSELF.

    Learn How To Become A MILLIONAIRE Fast

    BalasHapus

PEMBELAJARAN X MIPA 3 & X IPS 2

BERLOMBA DALAM KEBAIKAN Untuk Kamis, 26 Maret 2020 & Jum'at, 27 Maret 2020 Belajar dari rumah, minggu kedua efek "Epidemi ...