Senin, 27 Agustus 2018

DISKUSI ONLINE XI

Tema : Al Qur'an Pedoman Hidupku

Diskusi 1:
Pada bulan suci Ramadhan, hampir di seluruh masjid dan musholla terdengar suara lantunan Al Qur'an, tidak terkecuali di rumah-rumah. Sungguh pengalaman yang sangat menakjubkan. Akan tetapi, setelah selesai Ramadhan, selesai pula aktifitas tersebut. Padahal Rasulullah SAW menegaskan bahwa: "Sebaik-baik kamu adalah orang yang belajar Al Qur'an dan mengamalkannya".

Bagaimana tanggapanmu tentang hal ini?


Diskusi 2:
Perlu disadari, bahwa membaca dan mempelajari Al Qur'an akan meminimalisir kegelisahan batin, bahkan gangguan jiwa yang erat kaitannya dengan penyakit jasmani. Memperbanyak membaca dan mempelajari Al Qur'an akan meningkatkan kewaspadaan diri dan motivasi untuk selalu taat kepada Allah SWT dan rasul Nya. Dengan banyak mengkaji dan mengamalkan isi Al Qur'an, kehidupan akan aman, tentram, damai, sejahtera, selamat dunia dan akhirat serta mendapat ridha Allah SWT.
Benarkah hal itu? Jelaskan pendapatmu dan sertakan sedikit pengalaman apa yang pernah kamu rasakan terkait tentang manfaat Al Qur'an !

42 komentar:

  1. Diskusi 1 : sebaiknya kita harus tetap mengamalkan al quran di manapun kita berada.

    Diskusi 2 : Benar, menenangkan hati yang sedang gelisah dan emosi.

    BalasHapus
  2. Diskusi 1
    Sebaiknya kita tetap melantunkan ayat ayat AL Quran setiap hari, dan bukan hanya di bulan ramadhan saja
    Diskusi 2
    Benar sekali, dengan membaca ayat ayat AL Quran hati kita menjadi tenang dan tentram hal yang membuat kita gelisah bisa menjadi tidak gelisah lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : M.Sulthonnuladzim
      Diskusi 1
      Menurut saya mengaji/melantukan ayat suci AL Quran seharusnya tidak pada bulan ramadhan saja alangkah baiknya tetap melakukan kebiasaan tersebut meski dalam 1 hari hanya bisa membaca 1 lembar AL Quran.

      Diskusi 2
      Benar, pada pengalaman saya dulu jika membaca AL Quran hati bisa tenang, tentram, dan juga bisa menjadi obat hati yang gelisah. Kita juga bisa mengetahui isi AL Quran agar menjauhi semua larangan Allah SWT.

      Hapus
  3. Diskusi 1 : seharusnya kita tetap membaca dan mengamalkan al quran walaupun bukan di bulan ramadhan

    Diskusi 2 : iya, membaca dan mempelajari al quran bisa membuat kehidupan tentram, aman, damai dan sejahters

    BalasHapus
  4. Diskusi 1: sebaiknya kita harus tetap mengamalkan Al Qur'an, karena membaca Al Qur'an dianjurkan bagi agama kita. Jadi, sebaiknya kita tetap membaca Al Qur'an meskipun tidak pada bulan ramadhan

    Diskusi 2 : Benar sekali, dengan kita sering membaca Al Qur'an hati kita akan menjadi tentram dan hidup kita menjadi lebih damai

    Pretty shahrani i'zz

    BalasHapus
  5. Diskusi 1 : Alangkah Lebih baik jika membaca Al Quran itu tidak hanya pada waktu bulan Romadhlon saja tetapi dilakukan Setiap Hari dan disertai dengan keikhlasan hati.

    DISKUSI 2 ; Saya setuju dengan pernyataan tersebut, saya pernah merasakan sendiri manfaatnya Al Quran terutama ketika dibaca pada dini hari , quran dapat menyejukkan hati dan fikiran saya.

    BalasHapus
  6. Diskusi 1
    Sebaiknya kita membaca Al-Quran setiap hari, tidak pada bulan ramadhan saja, karna sudah jelas bahwa al-Quran sangat bermanfaat bagi kehidupan

    Diskusi 2
    Memang benar, karna setiap orang yang sedang gundah hati mereka bisa menjadi lebih tenang setelah membaca Al - Quran

    BalasHapus
  7. Ya benar,sebaiknya kita tetap mengamalkan dan membaca membaca alquran dimanapun berada dan kapan pun,karena dengan membaca Alquran bisa menenangkan qalbu,dan dengan mengamalkan alquran kita allah akan senantiasa menyelamatkan kita dari marabahaya,maka cintailah alquran karena sebaik baik kamu adalah orang yang membaca quran dan mengamalkannya(diskusi 1)

    Diskusi 2-ya,dengan kita sering membaca alquran hati kita akan menjadi tentram dan hidup kita bisa menjadi lebih damaidamai,dan bisa menenangkan hati kita ketika sedanv galau
    KHOIRUN NISA A.A/12

    BalasHapus
  8. Diskusi 1 : memang seharusnya kita tetap membaca dan mengamalkannya walaupun setelah bulan ramadhan.. Membaca al Quran membuat hati menjadi tentram

    Diskusi 2 : benar, saat saya membaca al Quran fikiran saya menjadi jernih.. Dan bisa menentramkan kegelisahan hati kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini Rahmadanti Ageng Alifiani

      Hapus
    2. Diskusi 1: sebaiknya kita terus melanjutkan membaca al qur'an dan juga rutinan tadarus tetap dilanjutkan agar aktivitas di masjid masih ada

      Diskusi 2 : benar karena bahwa membaca al quran banyak manfaatnya. Contohnya saya pernah merasakan sendiri hati menjadi tentram dan juga saya memikirkan dunia akhirat dri pada dunia manusiawi.

      Hapus
  9. Diskusi 1 :
    menurut saya, kegiatan membaca al quran tidak hanya di baca ketika bulan ramadlan tetapi juga harus dibaca setiap hari. Karna membaca alquran adalah suatu ibadah dan kita juga diwajibkan untuk mengamalkanya setiap hari, dengan membaca alquran kita akan mendapatkan pahala yang berlimpah.

    Diskusi 2 :
    Saya rasa hal itu memang benar, membaca al quran sangat bermanfaat bagi diri kita. Hati kita menjadi tentram dan damai.
    Pengalaman yang pernah saya rasakan adalah ketika saya sedang banyak pikiran, lalu saya mendengarkan lantunan ayat alquran yang dibacakan oleh teman saya dengan suara yang cukup merdu. Tiba tiba hati saya jadi tenang, semua rasa gelisah hilang seketika itu. Karena itu saya percaya bahwa Alquran memang dapat meminimalisir Kegelisahan batin. Subhanallah. .

    BalasHapus
  10. dikusi 1 : sebaiknya kita tetap mengamalkan membaca alquran meskipun dimanapun anda berada

    diskusi 2 : menurut saya , saya sependapat dengan pernyataan tersebut karena itu sudah terbukti dengan apa yang saya alami sendiri sehingga setelah membaca alquran kehidupan menjadi lebih tenang dan tentram dan juga bisa menyegarkan fikiran saya.

    BalasHapus
  11. menurut saya dari kedua diskusi tersebut memiliki kesamaan topik yaitu alquran. Dimana di bagian pertama sangat disayangkan jika hanya mengamalkannya dibulan Ramadhan saja sedangkan dibagian ke dua dijelaskan manfaat membaca dan mempelajari alquran

    BalasHapus
  12. Komentar 1 :
    sebaiknya kita membaca alquran dengan memaksimalkan waktu dengan baik. Membaca alquran tidak harus di bulan ramadhan saja, tapi setiap hari.

    Komentar 2 :
    Dengan alquran, semua menjadi tenang. Saya memiliki pengalaman berharga bersama alquran. Saat saya berada di baitullah, banyak sekali rak alquran disetiap daerah. Lalu, saya memiliki keinginan untuk membaca alquran, saya resah karena saya berada dikejauhan rak rak tersebut. Saya heran, setelah sholat orang lain meninggalkan tempat sehingga saya menempati tempat orang- orang tersebut. Setelah itu, saya melihat rak alquran setelah itu, saya mengambilnya dan segera saya membaca alquran tersebut. Saya merasa alquran adalah obat hati dikala gundah❤.


    Shaldan naora cavitha syach / XI MIPA EC /29

    BalasHapus
  13. Diskusi 1 : sebaiknya kita tetap membaca Al-Qur'an dan tetap mengamalkannya meskipun kita berada diluar rumah/berpergian

    Diskusi 2 : memang benar, ketika kita membaca Al-Qur'an dapat menyembuhkan pikiran kita dan hati kita yang sedang gelisah

    BalasHapus
  14. Diskusi 1
    Seharusnya kita harus tetap membaca Al-quran meskipun pada hari-hari biasa

    Diskusi 2
    Manfaat membaca Al-quran sangat banyak termasuk juga untuk menentramkan hati dan pikiran

    BalasHapus
  15. Sebaiknya kita membaca Alquran setiap hari tidak pada bulan ramadhan saja karna Alquran sangat bermanfaat bagi kehidupan

    Dengan membaca alquran bisa mengobati rasa gelisah dlam diri:)

    BalasHapus
  16. Diskusi 1:Tanggapan saya,seharusnya kegiatan membaca alquran tidak hanya dibaca ketika bulan ramadhan saja,tetapi juga dibaca setiap hari,lebih" istiqomah dalam membacanya,seperti dibaca ketika selesai sholat fardhu.
    Karena dengan membaca alquran dapat menenangkan hati dan mendapatkan pahala.

    Diskusi 2: hal tersebut memang benar..
    Membaca alquran mempunyai banyak hikmah dan manfaatnya
    Apalagi kita mau beristiqomah dan mengamalkanya,dampak positif nya akan semakin terasa
    Pernah ketika saya mendapat masalah dan saya bingung untuk menyelesaikanya,saya memilih untuk membaca alquran dan hati saya menjadi tenang.

    Rohmatus shofiyah 27

    BalasHapus
  17. Diskusi 1 : alangkah baiknya bila kita tetap mengamalkan membaca al quran,walaupun sudah tidak bulan suci al quran bisa diamalkan kapan saja apalagi sekarang ada bantuan handphone malah bisa dipakai dimana saja

    Diskusi 2 : alangkah baiknya digunakan ketika kita gelisah membaca alquran karena banyak manfaatnya,kita menjadi tenang dan bisa merasakan manfaat rohani yg lain

    Ahmad Aqiel Audi / XI MIPA 1 / 02

    BalasHapus
  18. Abhista /XI mipa 1 /01
    Diskusi 1
    Sebaiknya kita mengamalkan al quran tanpa memandang waktu melakukannya
    Diskusi 2
    Benar, dengan membaca dan mengamalkan al quran hati terasa tentram dan damai

    BalasHapus
  19. Membaca al quran sebaiknya tidak di bulan ramadhan saja karena banyak amalan yang kita dapat dari membaca al quran

    Sangat benar membaca al quran dapat membuat hati tenang dan nyaman
    WIDI A.R XI MIPA 1 /32

    BalasHapus
  20. Diskusi 1 : sebaiknya dalam mengamalkan al-quran tidak hanya pada bulan ramadhon saja. Namun disetiap hari kita harus mengamalkannya, membaca, dan memahaminya. Al-quran dalam kehidupan kita memberi kesejukan dan ketenangan hati bahkan menjadi petujuk hingga akhir zaman.

    Diskusi 2 : kita harus mengamalkan al-quran disetiap langkah dan kegiatan kita agar hidup kita berada dijalan yang lurus dan hidup kita merasa tenang

    BalasHapus
  21. Riza dewi cantika
    XI MIPA 1/29

    BalasHapus
  22. Diskusi 1 : tanggapan saya, seharusnya kita tetap mengapalkan dan membaca al qur'an setiap hari jangan pada bulan ramadhan. Contohnya setelah shalat wajib sebaiknya dibiasakan membaca al qur'an

    Diskusi 2 : hal tersebut sangatlah benar. Karena membaca alqur'an mempunyai banyak hikmah maupun manfaatnya. Apalagi jika kita mengamalkanya dan beristiqomah kita akan mendapatkan manfaat yang sangat banyak

    Kholid Mawardi
    X1 mipa 1
    16

    BalasHapus
  23. Diskusi 1: Tanggapan saya tentang hal itu, yaitu seharusnya kita membaca al quran itu tidak saat bulan ramadhan aja tapi kita harus membaca dan mengamalkan nya setiap harinya.
    Diskusi 2: Ya benar. Ketika saya bingung, lalu saya membaca al quran hati saya menjadi tenang.

    BalasHapus
  24. Diskusi 1 :
    seharusnya kita mengamalkan dan membaca al quran tidak hanya pada bulan ramadhan saja karena sudah ditegaskan oleh rasulullah saw tersebut,meskipun cuman membaca sampai satu maghroj saja.
    Diskusi 2 :
    benar, karena saya pernah membaca al quran saat saya sedang gelisah dan sedih lalu hati saya menjadi tenang dan sejuk.

    Angga Dwita Desi L.
    XI MIPA 1/06

    BalasHapus
  25. Diskusi 1:
    Pendapat saya, walaupun bulan suci ramadhan telah berakhir kita harus tetap istiqomah untuk mengamalkannya.
    Diskusi 2:
    Benar.Ketika kita membaca Al-Quran hati kita akan tenang dan ketika sebelum belajar,kita membaca Al-Quran maka pelajaran akan mudah difahami.

    Nurul fitria
    XI MIPA 1/26

    BalasHapus
  26. nama :
    Dian Nurrahma Lailiyah (11) XI MIPA 1

    Diskusi 1 : menurut saya suara membaca alquran tetap ada tetapi tidak terlalu mendalami secara langkap dan sebaiknya kita dirumah tetap membaca alquran setiap hari disempatkan minimal 1 ayat dan mengamalkannya dari kehidupan sehari-hari

    Diskusi 2: membaca alquran dapat menenangkan hati dan pikiran kita dan saya biasanya sebelum brlajar dan sebelum ujian membaca alquran agar dapat menerima ilmu yang manfaat dan agar dapat membukakan pikiran

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  28. Nama : eka putri aprillia kartika
    Kelas: 11 IPA 1
    No absen: 12

    Tanggapan diskusi 1:Menurut saya umat muslim harusnya selalu membaca al quran walaupun hanya 1 ayat, karena al quran yang kita baca kelak akan memberi safaat di hari kiamat atau hari akhir
    Al quran sebaiknya tidak di buka hanya waktu ramadhan saja, tetapi hari hari biasa juga harus di pelajari dan di amalkan. Serta Sebaiknya membaca al quran tidak hanya di khususnya pada waktu bulan ramadhan saja
    Hari hari bulan bulan selain ramadhan juga harus membaca al quran

    Tanamkan dalam hati kita
    Setiap hari harus membaca al quran walaupun 1 ayat atau 1 lembar atau 1 juz

    Tanggapan diskusi 2:Menurut saya hal itu semuanya benar, dengan selalu membaca al quran hati yang awalnya gelisah akan menjadi tenang, dengan membaca al quran berarti kita telah mengimani kitab suci al quran yang telah diturunkan kepada nabi muhammad, dan kitab suci al quran merupakan pedoman hidup umat muslim diseluruh dunia

    Pengalaman saya

    Dulu saya pernah tertimpa banyak masalah, entah masalah di sekolah maupun di rumah
    Sampai pikiran dan hati saya menjadi kacau dan bingung harus bagaimana

    Tapi saya pernah membaca sebuah cerita bahwa ketika kita sedang tertimba musibah atau suatu masalah
    Berintigfarlah kepada Allah niscaya Allah akan memberikan jalan keluar
    Tidak hanya dengan istighfar tapi saya juga mengambil air wudhu dan membaca al quran
    Alhamdulillah, selama membaca al quran hati saya menjadi damai tentram dan tidak terbebani apapun

    Karena al quran itu merupakan kitab suci yang diturunkan Allah kepada nabi muhammad dan umatnya
    Dengan membaca al quran berarti kita selalu ingat kepada Allah dan Allah selalu ada buat kita
    "La Tahzan, Innallaha Ma'ana"

    Tidak lama kemudian saya menemukan jalan keluar dari setiap masalah
    Alhamdulillah Allah selalu sayang terhadap setiap hambanya

    BalasHapus
  29. Diskusi 1:
    Karna pada umumnya manusia hanya berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya di bulan suci Ramadhan&pahala pada bulan suci Ramadhan akan dilipat gandakan.

    Diskusi 2:
    Benar. Karna dengan kita membaca Al-Quran atau mendengarkan orang yang sedang membaca Al-Quran maka hati kita akan menjadi tenang&tentram.

    Aninda Rahma.
    XI MIPA 1/07.

    BalasHapus
  30. Diskusi 1 :
    Menurut saya, sebaiknya walaupun tidak di bulan ramadhan kita sebaiknya menyempatkan untuk membaca alquran walaupun 1 lembar, karena membaca alquran tidak ada ruginya dan membuat kita menjadi tenang, dan jika kita mendengar bacaan alquran sebaiknya kita mendengarkan.

    Diskusi 2 :
    Benar, karena alquran diturunkan sebagai petunjuk bagi orang" yg beriman dan bertakwa kepada Allah. Dan jika kita tidak melakukan apa" sebaiknya kita membaca alquran karena dengan membaca alquran hati kita menjadi tentram, tenang.

    Elma Rashida A
    XI mipa 1/13

    BalasHapus

  31. Nabila faradiba
    XI MIPA 1/23
    Diskusi:1
    Menurut pendapat saya semua itu bisa saja dilakukan misalnya kita adakan tadarus Al Qur'an pada hari Kamis malam dan Jumat,meskipun tidak seperti aktifitas dibulan ramadhan setidaknya kita bisa mendengar lantunan Al Qur'an di masjid atau mushola

    Diskusi:2
    Itu sangat benar,menurut saya Selian memperbanyak pahala membaca Al Qur'an dapat menenangkan hati dan pikiran ,saya pernah merasa gelisah dan hampir putus asa dengan masalah saya pada saat itu juga saya langsung membaca Al Qur'an manfaat nya dapat saya rasakan rasa gelisah dan putus perlahan hilang

    BalasHapus
  32. Dian najmus shofi (XI MIPA 1 - 10)
    Diskusi 1:
    Sebaiknya kita harus membiasakan diri untuk membaca Al qur'an walaupun hanya 1 ayat, karena dengan mememba al qur'an hidup kita akan menjadi tenang dan damai.
    Diskusi 2:
    Benar sekali, karena dengan membaca Al qur'an sesulit apapun yang dialami oleh kita akan dimudahkan oleh Allah swt.
    Seperti pada suatu saat, ketika kita mengalami kesulitan dan kita membaca surat al insyiroh masalam kita akan dimudahkan oleh Allah swt

    BalasHapus
  33. muhammad zaky Ardiansyah/22/xi mipa 1
    Diskusi 1: menurut saya kita sebagai umat muslim membaca al quran tidak hanya pada bulan ramadhan saja tetapi jika bisaa setiap hari
    Diakusi 2: membaca alquran juga bisaa menenangkan hati apabilaa hati kitaa sedang gelisah sebaiknya membaca alquran agar hatu kita tentram

    BalasHapus

PEMBELAJARAN X MIPA 3 & X IPS 2

BERLOMBA DALAM KEBAIKAN Untuk Kamis, 26 Maret 2020 & Jum'at, 27 Maret 2020 Belajar dari rumah, minggu kedua efek "Epidemi ...