Senin, 11 Agustus 2014

Menerapkan Kontrol Diri, Husnudzan, dan Ukhuwah


A.      Menerapkan Kontrol Diri (Mujahadah An-Nafs) Untuk Meraih Hidup Bahagia
Tahukah kalian bagaimana cara melakukan kontrol diri (Mujadah An-Nafs) ?. Cara pertama, yaitu dengan memusuhi hawa nafsu. Tanamkanlah dalam hati kalian bahwa hawa nafsu harus diperangi dan dilawan. Kedua, renungkanlah dampak negatif dari perilaku maksiat, dan renungkanlah akibat positif  beramal shaleh. Setiap perbuatan dosa dan maksiat akan berakibat buruk bagi diri sendiri, misalnya hati gelisah, hidup tidak tenang, dan  merasa jauh dari Allah SWT. Sebaliknya, amal shaleh akan berakibat positif bagi dirinya, misalnya hidup tenang, optimis, merasa dekat dengan Allah SWT.  Ketiga, memperbanyak dan melanggengkan dzikir kepada Allah SWT (dzikrullah).

B.       Menerapkan Prasangka Baik(Husnudzan)Untuk Meraih Hidup Bahagia
Husnudzan kepada Allah SWT dapat dilakukan dengan dua sikap yaitu:
Pertama, bersyukur atas semua nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Bagaimana cara bersyukur ?. Caranya dengan mengucapkan alhamdulillah, dan menggunakan nikmat sesuai petunjuk Allah SWT dan rasul-Nya. Kedua,bersabar atas semua cobaan dan ujian dari Allah SWT. Ingatlah bahwa Allah SWT tidak akan membebani seseorang diluar batas kemampuannya.
           
Husnudzan kepada orang lain dapat dilakukan dengan sikap sebagai berikut :
Pertama, mudah memaafkan kesalahan orang lain.Kedua, melihat seseorang dari sisi baiknya. Ketiga, mengingat-ingat kebaikan yang pernah dilakukan oleh seseorang. Keempat, bertutur kata dan berperilaku lemah lembut kepada orang lain

Husnudzan kepada diri sendiri dapat dilakukan dengan sikap sebagai berikut :
Pertama, percaya diri, meyakini bahwa dirinya mampu melakukan sebuah pekerjaan. Kedua, optimis menghadapi hidup, tidak mudah putus asa. Ketiga, berusaha dan bekerja keras meraih cita-cita.

C.      Menerapkan Persaudaraan(Ukhuwah)Untuk Meraih Hidup Bahagia
Persaudaraan (ukhuwah) sesama mukmin akan bisa terjaga dan tumbuh dengan melakukan hal-hal dibawah ini :
1)      Saling mencintai sesama mukmin karena Allah semata
2)      Menghargai perbedaan pendapat dan pandangan
3)      Membantu seorang mukmin yang mengalami kesulitan
4)      Melaksanakan hak dan kewajiban dengan penuh tanggung jawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBELAJARAN X MIPA 3 & X IPS 2

BERLOMBA DALAM KEBAIKAN Untuk Kamis, 26 Maret 2020 & Jum'at, 27 Maret 2020 Belajar dari rumah, minggu kedua efek "Epidemi ...